Di Balik Film The Untold Story of Java Southern Sea

Di Balik Film The Untold Story of Java Southern Sea

Cerita yang berjudul “The Untold Story of Java Southern Sea” mungkin kamu sudah mengenal dan menontonnya bukan? Yap, film dokumenter ini mengungkap sebuah mitos Nyi Roro Kidul yang ternyata adalah tsunami purba. Sebelumnya SiagaBencana.com sudah pernah membahasnya pada artikel yang satu ini!

Nah pada Rabu (6/11), LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) mengadakan screening movieThe Untold Story of Java Southern Sea” di @america, Pacific Place Mall, Jakarta. Di acara tersebut membahas tentang produksi pembuatan film dan pengalaman Eko Yulianto bersama timnya tentang penelitiannya ke pesisir pantai Selatan Pulau Jawa.

Perlu kamu ketahui ya Disasterizen, untuk memproduksi film ini membutuhkan waktu satu tahun. “Produksi film ini memakan waktu satu tahun dan di tahun 2018 film tersebut sudah rampung”, tutur Arief Hermawan.

Ternyata membuat sebuah film dokumenter “The Untold Story of Java Southern Sea” yang berbasis sains ini tidaklah mudah Sobat Disasterizen. Ini merupakan menjadi tantang tersendiri bagi mereka, sebab Arief dan teman BIT (Balai Informasi Teknologi) LIPI bukan berlatar belakang kebencanaan dan harus menyebarluaskan kepada masyarakat dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat.

The Untold Story of Java Southern Sea menceritakan tentang perjalanan melacak sejarah tsunami purba yang telah beratus tahun lamanya dengan mitos Nyi Roro Kidul. Dalam video mereka telah menemukan jejak tsunami itu di wilayah Sungai Cikembulan, Jawa Barat. Terdapat lapisan cangkang foraminifera yang berasal dari laut yang terbawa tsunami, itu terjadi sekitar tahun 1600 atau 400 tahun yang lalu. Ingin tahu lebih lanjutnya? Nonton langsung filmnya di sini!

Baca juga : HUBUNGAN TSUNAMI SELATAN JAWA DENGAN MITOS NYI RORO KIDUL

Pada acara ini juga terdapat Peneliti Geologi, Profesor Brian Atwater dari Universitas Washington. Ia mengungkapkan kalau pesisir Selatan Jawa sangat berbeda dengan wilayah lainnya dan masih menjadi misteri teka-teki yang sulit untuk dirinya.   

Semoga dengan adanya film dokumenter ini, masyarkat menjadi lebih siaga dalam menhadapi ancaman ya datang, termasuk kamu Disasterizen! Serta, adanya film-film penemuan terbaru lainnya tentang bencana alam purba yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar