Dampak Perubahan Iklim yang Mengancam

Dampak Perubahan Iklim yang Mengancam

Sumber : Shutterstock

Kalau sudah dengar perubahan iklim pasti yang ada dalam benak kamu itu pemanasan global. Benar kan? Jawaban kamu sangat benar. Kamu mau tahu lebih lanjut tidak, dampak apa aja sih yang terjadi jika perubahan iklim ini terjadi di laut?

Serem ya, kalau sudah mendengar perubahan iklim terjadi? Dampak yang ditimbulkan perubahan iklim di laut adalah kenaikan permukaan air laut. Naiknya permukaan laut akan menggenangi wilayah pesisir sehingga akan menghancurkan tambak-tambak ikan dan udang di beberapa daerah seperti Jawa, Aceh, Kalimantan dan Sulawesi.

Lalu, kenapa sih bisa permukaan air laut bisa naik? Jadi, kenaikan temperatur menyebabkan es dan glester di Kutub Utara dan Selatan mencair. Peristiwa inilah yang menyebabkan terjadinya pemuaian massa air laut dan kenaikan permukaan air laut.

Hal ini membawa banyak perubahan bagi kehidupan di bawah laut, misalkan saja pemutihan terumbu karang (hilangnya warna karang) dan punahnya berbagai jenis ikan. Sehingga akan menurunkan produksi tambak ikan dan udang serta mengancam kehidupan masyarakat pesisir pantai. Kenaikan air laut juga akan merusak ekosistem hutan bakau.

Ternyata dampak perubahan iklim pada kelestarian terumbu karang ini menjadi perhatian serius dari enam negara di kawasan Coral Triangle (segi tiga terumbu karang dunia). Negara kawasan Coral Triangle ini meliputi Papua Nugini, Malaysia, Timor Leste, Kepulauan Solomon, Filipina dan Indonesia.

Langkah yang diambil untuk mengantisipasinya adalah membangun jaringan peringatan pemutihan karang, sebagai upaya mempersiapkan antisipasi kerusakan karang yang lebih parah akibat dampak perubahan iklim.

Juga, keenam negara tersebut merancang protokol adaptasi penyelamatan terumbu karang dari dampak perubahan iklim. Rancangan protokol ini nantinya diharapkan menjadi acuan dalam mendeteksi munculnya pemutihan akibat terumbu karang.

Wah, dampak yang ditimbulkan akibat perubahan iklim sangat merugikan sekali ya untuk kita semua dan ekosistem di bawah laut. Makanya nih, kita harus menjaga alam kita dan merawatnya ya! Kita jaga alam, alam jaga kita! (MA)

Sumber : Buku Modul Perubahan Iklim BMKG

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar