Catatan Sejarah Gempa Maluku

Catatan Sejarah Gempa Maluku

FOTO : BNPB

10 Januari 2023, gempabumi mengguncang Kota Tuai Kabupaten Maluku Tenggara dengan kekuatan M 7.9 dan berpotensi tsunami pada dini hari pukul 00:47. BMKG semoat mengumumkan potensi tsunami dengan tingkat ancaman siaga dan waspada setelah gempa mengguncang wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya. 

Tahukah kamu, kalau Maluku pun pernah diterjang gempa 349 tahun lalu. Gempabumi mengguncang Ambon dan sekitarnya malam tanggal 17 Februari 1674. Gempa disusul tsunami dari laut Banda yang dicatat oleh Georg Everhard Rumphius seorang ilmuwan Eropa yang pernah tinggal di Ambon.

Gempa dan tsunami berdampak kerusakan rumah warga dan menelan korban jiwa yang diperkirakan mencapai 2.500 orang meninggal dunia. Perlu diketahui, gempa tersebut terjadi antara pukul 19.30-20.00 waktu setempat dan bertepatan dengan suasana perayaan Tahun Baru Cina yang berlangsung cukup meriah di sekitar pasar. 

Guncangan yang sangat keras melanda seluruh Pulau Ambin dan pulau sekitarnya dan mengakibatkan 86 orang meninggal dunia tertimpa runtuhan bangunan dan rumah-rumah yang terbuat dari batu mengalami banyak retakan sehingga tidak bisa digunakan lagi. 

Sesudah terjadi gempabumi, gelombang pasang terjadi di seluruh pesisir Pulau Ambon. Pesisir Utara di Semenanjung Hitu mengalami kerusakan paling parah, terutama di daerah Ceyt di antara Negeri Lima dan Hile. 

Baca juga : GEMPA PERTAMA DI DUNIA

Di daerah ini, air naik setinggi 40-50 toises atau sekitar 70-90 meter. Rumphius menjadi salah satu saksi bencana besar yang melanda Ambon pada masa itu. Korban Gempa dan tsunami saat itu tercatat diperkirakan mencapai lebih dari 2.500 jiwa, termasuk istri dan anak Rumphius. Catatan sang ilmuwan ini merupakan sebagian dari catatn sejarah gempa dan tsunami terkait bencana rapid onset yang pernah terjadi dan paling mematikan di Maluku serta sekitarnya. 

Selain itu, sejarah juga telah mencatat kejadian gempabumi dan tsunami di Ambon pada tanggal 8 Oktober 1950. Dokumentasi kejadian bencana tersebut sangat terbatas, karena situasi geopolitik terkait konflik TNI dengan RMS. Hanya catatan kecil yang ada di beberapa surat kabar nasional dan internasional. 

Di samping itu, ada beberapa gempa dan tsunami lainnya yang menerjang Maluku. Catatan sejarah gempa berdasarkan kekuatan skala MMI yang pernah terjadi di Maluku antara lain…

  • 28 Maret 1830 (VII-VIII MMI)
  • 1 November 1835 (VII-IX MMI)
  • 16 Desember 1841 (VII-VIII MMI)
  • 26 November 1852 (VIII-IX MMI)
  • 27 Februari, 4 Juni, 9 November 1858 (VI MMI)
  • 15 September 1862 (VI MMI)
  • 28 Mei 1876 (VII MMI)
  • 23 November 1890 (VII MMI)
  • 14 Februari 1903 (V MMI)
  • Mei 1920 (VI MMI)
  • 2 Februari 1938 (M 8.5). 

 

Sumber : BNPB

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar