Catatan Kelam Letusan Gunung Vesuvius

Catatan Kelam Letusan Gunung Vesuvius

Sumber : express.co.uk

Disasterizen pernah mendengar tidak tentang letusan dahsyat dari Gunung Vesuvius? Atau kalian tahu kota Pompeii? Sini deh SiagaBencana.com ceritain hubungan antara kota Pompeii dengan letusan Gunung Vesuvius, simak!

Kota Pompeii adalah sebuah kota zaman Romawi kuno yang telah menjadi puing. Kota ini dekat kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada 79 M.

Gunung Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi aktif di Eropa Daratan yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia. Pada tahun 79 M, letusan gunung ini menghancurkan kota Pompeii. Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dengan segala isinya, sedalam beberapa kaki menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun, sebelum ditemukan kembali dengan tidak sengaja.

Baca juga : CARA UNIK DESA HENDA DALAM MENGELOLA HUTAN

Gunung Vesuvius terkenal selain menyebabkan kehancuran kota Pompeii dan Herculaneum, letusan ini juga menewaskan 10.000 hingga 25.000 orang. Gunung Vesuvius telah meletus beberapa kali dan saat ini dianggap sebagai salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di dunia.

Perlu kamu ketahui Disasterizen, letusan dari gunung ini terjadi selama lebih dari 24 jam, lho. Serta yang perlu kamu ingat, letusan Gunung Vesuvius ini dimulai pada pagi hari tanggal 24 Agustus, batu cair dan apung mulai dimuntahkan dari Gunung Vesuvius dengan kecepatan 1,5 juta ton perdetik. Batu besar dan abu vulkanik memenuhi atmosfer saat itu dan mengubah hari menjadi seperti malam, serta sekitar enam inch abu jatuh setiap jamnya.

Akibat dari letusan yang dahsyat tersebut, sejarawan percaya bahwa Pompeii ini terkubur oleh abu dan batu apung sedalam 14 hingga 17 kaki. Nah pada 1748 ketika para penjelajah memeriksa situs tersebut, mereka menemukan bahwa abu vulkanik ini telah bertindak sebagai pengawet. Bangunan, kerangka manusia, dan sisa kehidupan dari kota tersebut pun masih utuh. Misalnya saja adalah temuan jasad manusia yang membatu. Banyak jasad yang menjadi korban letusan ditemukan di Pompeii.  

Amat disayangkan nih Disasterizen, kota Pompeii ini ternyata dulunya memiliki citra yang negatif. Peristiwa letusan Gunung Vesuvius ini katanya sih sebagai azab, dan dicap sebagai kota yang dikutuk karena perzinaan. Sebagai buktinya Disasterizen, barang hasil temuan di Kota Pompeii ini tuh menunjukkan bagaimana seks sudah menjadi napas di kota itu.

Sumber : Kumparan.com

Wah, semoga dengan adanya sejarah ini kita dapat mengambil pelajarannya ya Disasterizen. Betapa pentingnya sadar bencanaa dan kesiapsiagaan untuk kita semua. Dan tidak lupa, untuk selalu mengingat Tuhan sebagai pertolongan pertamamu. Salam siaga! (MA)

Sumber : Buku Gunung Api Dunia & Kompas

 

 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar