Buku Dapat Mengubah Pengetahuanmu

Buku Dapat Mengubah Pengetahuanmu

Buku anak adalah salah satu media pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak dengan berbagai ilustrasi pada setiap buku. Dengan buku anak ini, belajar kesiapsiagaan bencana alam akan terasa lebih mudah memahami dan menyenangkan. Beberapa buku ini yang dapat kamu bacakan pada anakmu di waktu santai, yuk simak!

Tsunami

Kementerian Kelautan dan Perikanan membuat sebuah komik yang menceritakan masyarakat pada tahun 2010. Kepulauan Simeulue yang mempunyai kearifan lokal turut menurun untuk menghindari bencana tsunami. Masyarakat Kepulauan Simeulue mempunyai istilah SMONG dalam kehidupan sehari-harinya yang artinya adalah tsunami atau gelombang laut tinggi akibat gempa yang didahului sebelumnya oleh surutnya air laut.

Tujuan dari pembuatan komik ini adalah sebagai penyebarluasan wawasan tentang pemahaman akan pentingnya mitigasi bencana tsunami kepada masyarakat luas.

Gempabumi

Yayasan IDEP telah menerbitkan sebuah komik yang berjudul Gempabumi pada tahun 2007. Komik ini menceritakan tentang peran masyarakat desa saat menghadapi gempabumi. Buku ini lebih menekankan tindakan persiapan dalam usaha mencegah kemungkinan bencana dan mengurangi dampak gempabumi. Komik ini memiliki series lain yang berjudul Banjir, Tanah Longsor, dan Tsunami.

Sadar Dini

Komunitas Tikar Pandan Aceh telah meluncurkan komik serial mengurangi risiko bencana alam pada tahun 2015. Komik tersebut diluncurkan dalam tiga bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang. Komik diluncurkan demi menyikapi kebencanaan dari sudut pandang anak dan remaja.

Komik Sadar Dini ini ditulis oleh pelajar dari 3 daerah yang mengalami bencana alam di Banda Aceh. Mereka adalah Luqyana dan Yusrizal di SMAN I Peukan Banda Aceh, Tulus Perange asal SMKN 3 Takengon, dan Safira Noviyana asal SMAN Tangse, Kabupaten Pidie.

Peringatan Tsunami!

Buku Peringatan Tsunami ini telah dicetak ulang dan di edarkan kembali oleh Jakarta Tsunami Information Centre (JTIC) pada tahun 2006. Buku ini menceritakan tentang bagaimana dan hal apa yang harus dilakukan jika terjadinya tsunami di daerah kita. Selain itu, dalam cerita ini BMKG selalu memantau dan memberikan peringatan jika terjadinya tsunami.

Buku Pop Up Kesiapsiagaan Bencana

Box Breaker menerbitkan buku anak yang dilengkapi dengan pop up agar terlihat lebih menarik perhatian anak untuk membacanya. Buku ini telah diterbitkan pada tahun 2018, di dalam buku ini terdapat pengenalan tsunami dan gempabumi yang sangat bermanfaat untuk anak. Selain itu pula, terdapat cara yang harus dilakukan sebelum terjadi, saat terjadi dan sesudah terjadi gempabumi.

Wah, dengan adanya macam-macam buku ini menjadi bertambah minat anak pada kesiapsiagaan dan pengetahuan terhadap bencana alam. Yuk, perkenalkan anakmu dengan buku keren ini! (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar