Bukan Pohon Saja, Plankton Juga Bisa Menghasilkan Oksigen

Bukan Pohon Saja, Plankton Juga Bisa Menghasilkan Oksigen

Sumber : Pixabay

Saat kamu mendengar kata ‘plankton’, pasti yang kamu ingat adalah tubuh kecil berwarna hijau yang ada di serial Spongebob Squarepants. Yap, memang betul di serial tersebut terdapat plankton yang selalu berusaha mencuri resep rahasia krabby patty dari Tuan Krab. Tapi kamu tahu tidak sih kalau plankton ini ternyata bisa menghasilkan oksigen? Plankton yang SiagaBencana.com maksud adalah tumbuhan plankton ya, bukan plankton yang ada di serial Spongebob!

Plankton merupakan makhluk laut berukuran kecil, yang tidak bisa dilihat oleh manusia. Bisa dilihat jika plankton ini dalam keadaan jumlah yang besar. Para ilmuwan sepakat bahwa ada oksigen dari tumbuhan laut yang satu ini, Sob. Para ilmuwan juga percaya bahwa tumbuhan plankton ini menyumbang antara 50 hingga 85 persen oksigen di atmosfer Bumi.

Baca juga : 5 CARA INI PATUT DITIRU DALAM MENANGANI ABRASI

Nah, plankton ini membutuhkan dua hal untuk fotosintesis yaitu, energi dari matahari dan nutrisi dari air. Jadi, plankton menyerap keduanya di dinding sel mereka. Dalam proses fotosintesis, plankton melepaskan oksigen ke dalam air. Makanya, setengah dari oksigen dunia diproduksi melalui fotosintesis plankton. Setengah lainnya diproduksi melalui fotosintesis di darat, yaitu pohon, semak, rumput, dan tanaman lainnya.

Meskipun pohon dan plankton menghasilkan oksigen untuk kita semua. Akan tetapi ini tidak tertolong, jika manusia selalu melepaskan karbon dioksida yang berlebih. Sebagian besar ilmuwan dunia sepakat, bahwa peningkatan karbon dioksida di atmosfer ini menyebabkan Bumi menjadi panas. Banyak peneliti percaya bahwa fenomena ini dapat berpotensi bencana.

Jadi gimana Sob? Kurang nikmat apalagi yang alam berikan untuk kita? Masa iya sebegitu susahnya menjaga alam kita ini. Malu ah! Alam nggak butuh kata mutiara mu, tapi alam butuh aksi nyata darimu. Ayo lakukan gerakan nyata menjaga alam! (MA)

Sumber : earthsky.org & National Geographic

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar