Bra Kawat Ini Bisa Menyebabkan Kamu Mati Tersambar Petir

Bra Kawat Ini Bisa Menyebabkan Kamu Mati Tersambar Petir

Tabloid Weekly World News edisi 9 September 2003.

Sobat Disasterizen, tahu nggak sih kalau ternyata baju atau pakaian yang kita gunakan sangatlah berpengaruh dengan kesempatan kita untuk bertahan hidup di tengah-tengah badai petir?

Tidak percaya? Simak cerita Sunee Whitworth dan Anuban Bell dari London berikut ini.

Ceritanya

Hyde Park, London

Dilansir dari tabloid Weekly World News edisi 9 September 2003, pada tahun 1999, Whitworth dan temannya Bell sedang berbelanja di daerah Hyde Park, London. Singkat cerita, badai petir disertai hujan deras pun datang. Whitworth dan Bell segera berlindung di bawah pohon terdekat. Mereka tidak sadar kalau pohon yang mereka gunakan untuk berteduh itu adalah pohon tertinggi di sekitar situ.

Tiba-tiba, sebuah kilat yang disertai petir menyambar pohon tersebut. Kawat dalam bra yang dipakai oleh Whitworth dan Bell bertindak sebagai konduktor (penghantar) muatan listrik yang dibawa oleh petir yang menyambar. Posisi bra yang dekat dengan organ vital seperti jantung, paru-paru, dan hati langsung menewaskan mereka di tempat.

Polisi dan ahli yang tiba di TKP terkejut. Paul Kopman, seorang koroner (ahli jantung) yang tiba di lokasi mengatakan, “Saya pikir ini adalah kasus yang tragis. Ini adalah kedua kalinya dalam pengalaman 50.000 kematian [yang] saya [tangani] dimana petir mengenai logam bra dan menyebabkan kematian”.

Bahkan parahnya lagi, batu bata yang terletak di antara kedua korban ini langsung menjadi debu saking dahsyatnya. Inilah yang dikatakan oleh Ian West, ahli diagnosis dan autopsi yang menangani kasus ini.

Tidak ada yang tahu kalau dua korban ini telah tewas, setidaknya hingga 15 jam setelah kejadian. Kedua korban tergeletak lemah di bawah pohon, tapi tidak ada yang berani mengecek karena para saksi mengira bahwa 2 orang ini adalah pecandu narkoba berat atau sedang tidur siang.

Samantha Clout, seorang konsultan, mengaku melihat korban tergeletak di taman ketika berjalan pulang ke rumah setelah kerja.

Kok bisa?

Apakah logam bisa mengantarkan listrik? Jawabannya, ya, bisa.

 Tapi sebenarnya, yang jadi penyebab fatal dalam kasus ini adalah karena mereka berteduh di bawah pohon yang tinggi. Selain karena pohon itu rawan disambar petir, pohon juga merupakan media pengantar arus listrik yang baik, terlebih ketika ia basah.

Nah, jadi sobat sudah tahu kan. Lain kali, jika terjadi hujan lebat yang disertai gemuruh petir, carilah tempat berteduh, seperti bangunan, atau warung terdekat. Dan jangan pernah berteduh di bawah pohon. (RG)

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar