Berkenalan Dengan Kekeringan Yuk, Bagian 2

Berkenalan Dengan Kekeringan Yuk, Bagian 2

Sumber: Shutterstock

Hello Sobat Disasterizen! Sebelumnya kan kita sudah mengenal kekeringan itu apa, kenapa bisa terjadi, gejala yang ditimbulkan dari kekeringan, dan kamu bisa melakukan apa dalam mengurangi terjadinya kekeringan.

Apa? Belum tahu? Baca dulu deh artikel ini sebelum baca lebih lanjutnya.

Baca juga : BERKENALAN DENGAN KEKERINGAN YUK, BAGIAN 1

Nah, sekarang SiagaBencana.com ingin melanjutkan pembahasan yang kemarin nih Sob. Pembahasan kita saat ini adalah tentang jenis-jenis apa saja dalam kekeringan dan dampak yang ditimbulkan dari kekeringan, yuk lanjoot!

Jenis-jenis Kekeringan   

Sob, kekeringan itu diklasifikasikan menjadi empat jenis menurut Shella. B. Red (1995), yaitu:

  • Kekeringan Alamiah

Kekeringan alamiah termasuk didalamnya adalah kekeringan meteorologis dan hidrologis. Kekeringan meteorologis ini terkait curah hujan dibawah normal dalam satu musim. Sedangkan, kekeringan hidrologis berkaitan dengan kekurangan pasokan air permukaan dan air tanah.

  • Kekeringan Antropogenik

Kekeringan antropogenik disebabkan karena ketidak-taatan manusia pada aturan, baik itu pola penggunaan air berlebihan maupun kerusakan kawasan tangkapan air.

  • Kekeringan Pertanian

Kekeringan pertanian ini berhubungan dengan kurangnya kandungan air dalam tanah, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan tanaman.

  • Kekeringan Sosial Ekonomi

Kekeringan sosial ekonomi adalah suatu kondisi kekurangan pasokan komoditi (benda niaga) ekonomi dari kebutuhan normal akibat kekeringan meteorologi, hidrologi, dan pertanian.

Lalu bagaimana dengan dampaknya?

Dampak Kekeringan

Ada begitu banyak dampak yang ditimbulkan saat kekeringan menghantui dirimu, yaitu:

  • Kurangnya air untuk minum dan kebutuhan sehari-hari
  • Tanaman dan binatang mati
  • Kelaparan masal
  • Lingkungan menjadi kotor
  • Timbulnya bibit-bibit penyakit

Bagimana Disasterizen sudah kenalkan kalian dengan kekeringan? Coba yuk ceritakan pengalaman kekeringan yang terjadi di daerahmu di kolom komentar! (MA)

Sumber : Infografik

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar