Berbagi Tips Menjaga Kesehatan Mental Usai PHK

Berbagi Tips Menjaga Kesehatan Mental Usai PHK

Ilustrasi dari Lugas. Sumber : Tirto.id

Dalam menangani krisis finansial saat masa pandemi virus corona ini, tak jarang perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK karyawannya.

Bagi sebagian orang, kehilangan pekerjaan tidak hanya tentang hilangnya pendapatan saja, tapi juga kehilangan identitas diri. Dalam sebuah penelitian tahun 1998, Richard H. Price, profesor psikologi di Institut Penelitian Sosial Universitas Michigan, meneliti seberapa besar pengaruh kehilangan pekerjaan pada kesehatan mental seseorang. Hasilnya, mereka yang kehilangan pekerjaan dan karier, akan merasa kehilangan lebih banyak dan menimbulkan tekanan mental. Terlebih, perasaan itu dapat membesar ketika mereka berinvestasi banyak dalam pekerjaan mereka melalui waktu, pendidikan, atau energi.

Oleh sebab itu, perlunya menjaga kesehatan mental usai terjadi PHK akibat pandemi virus corona. Nah, SiagaBencana.com akan memberikan tips dalam menjaga kesehatan mental usai PHK.

  • Tidak Menyalahkan Diri Sendiri

Sumber : Kabar Tangsel

 

Psikolog mengaku, bahwa ungkapan menyalahkan diri sendiri tidak membantumu dalam menyelesaikan masalah, yang ada malah tambah stres. Nah, yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah dengan bersikap baik pada diri sendiri. 

  • Pertahankan Rutinitas Harian yang Teratur

Sumber : SehatQ

Waktu bisa jadi terbuang sia-sia hanya dengan meratapi nasib. Cobalah dalam keseharian untuk berolahraga dan berjejaring. Mengikuti jadwal yang ditetapkan akan membantu menjadi lebih produktif dan mempertahankan ritme yang sehat untuk hari-harimu.

  • Buat Rencana Pencarian Kerja

Sumber : LinovHR

Segera membuat rencana untuk mencari pekerjaan baru secara online. Tetapkan beberapa prioritas, seperti merevisi resume, mencari berbagai referensi, dan menentukan waktu untuk memantau situs web pekerjaan.

  • Mencari Kegiatan yang Menghasilkan Uang dan Kemampuan

Sumber : Pintaria

Meskipun kamu terkena dampak dari virus corona, sehingga tidak adanya pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa menyiasatinya dengan menjadi freelancer di sebuah perusahaan atau situs online. Selain menambah uang, kamu juga bisa menambah kemampuan baru. Selain itu, waktu luangmu bisa digunakan untuk belajar hal baru untuk meningkatkan kemampuanmu. Ada berbagai macam platform yang menyediakan dan dapat diakses secara gratis.

  • Pergi ke Spesialis Kesehatan Mental

Sumber : Hello Sehat

Jika kamu mengalami suasana hati yang terus-menerus tidak stabil selama lebih dari dua minggu, atau perasaan putus asa yang berlebihan, cari dukungan profesional. Mungkin saat yang tepat untuk berbicara dengan dokter umum atau bahkan dirujuk ke spesialis kesehatan mental. (MA)

Sumber : tirto.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar