Bebenah Diri dari Data Statistik Kebencanaan

Bebenah Diri dari Data Statistik Kebencanaan

SIAGABENCANA.COM – Rabu (9/6/21), Pujiono Centre, MPBI, Cari Bencana, dan Predikt telah menggelar webinar yang ke-12. Webinar kali ini bertema Statistik Bencana: Peluang Indonesia Memimpin Gerakan Akuntabilitas di Asia Pasifik dengan narahubung Dr. Puji Pujiono, M.SW, Ketua Pokja Statistik Bencana dan LH Forum Masyarakat Statistik.

Ketika berbicara statistik, pasti tidak akan lepas dari data. Namun Puji Pujiono menerangkan, bahwa yang menjadi fokus utamanya pada saat ini adalah terlalu banyak data tapi miskin informasi. Data yang digunakan pun masih menggunakan data yang bersifat darurat, dimana bertujuan untuk menggerakan sumber daya atau merespon kejadian kedaruratan. Maka jika kedaruratannya berakhir, maka responnya juga berakhir.

Bukan hanya itu, ada isu lainnya yang masih menjadi masalah. Misalnya saja isu kesulitan dalam proyeksi, data yang temporary, data bencana sulit untuk berkomunikasi, efikasi data kebencanaan yang berdampak pada belanja untuk bencana, standarisasi data, dan pemahaman akan bencana.

Namun, masyarakat Indonesia bisa menemukan jawabannya dari statistik kebencanaan yang dibalut dengan framework Satu Bencana Indonesia. Jika didefinisikan, Indonesia bisa menjadi sahabat bencana maka data historis ini sebagai dasar langkah ke depan.

Apa yang diperlukan?

  • Harmonisasi dan sinergi kelembagaan dan kebijakan (satu pemahaman, data yang standar dan terintegrasi dari lapisan terkecil hingga nasional).
  • SDM yang berkapasitas (peluang peneliti untuk berkembang).
  • Anggaran (paradigma investasi)

Selain itu, ada 4 yang perlu dibenahi, yaitu :

  • Data prabencana (terkait dengan ancaman bencana)
  • Kerentanan masyarakat
  • Keterpaparan
  • Kejadian bencana

“Selama kita belum punya statistik bencana yang menjadi bagian statistik resmi, maka kita akan kesulitan yang sifatnya lebih evidence based. Dengan adanya dasar data yang teratur, maka pembuatan kebijakan, perencanaan, dan program penanggulangan bencana itu lebih berbasis bukti. Bukan sekedar ideologi”, ungkap Puji Pujiono.

Menarik bukan pembahasannya? Penasaran tidak Ngopi PB bakal bahas apa lagi Minggu depan? Yuk, ikutan setiap Rabu dan ikuti perkembangannya di Instagram @Yuksiagabencana @MPBI.Indonesia @pujionocentre @caribencana.id @predikt.id. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar