Asyiknya Menjadi Relawan Bencana

Asyiknya Menjadi Relawan Bencana

Sumber : Republika

Relawan sangat dibutuhkan jika terjadi bencana. Kegiatan kerelewanan semakin dibutuhkan karena dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tetapi, bukan cuma untuk masyarakat saja, lho. Menjadi relawan juga dapat berbagai manfaat. Seperti apa ya?

Fakta yang Didapat Menjadi Relawan

  • Saat kamu menjadi relawan, nantinya kamu bisa bertemu dengan orang baru. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memperluas jaringan.
  • Semakin sering jadi relawan, kamu bisa lebih peka terhadap lingkungan dan orang-orang sekitar, lho.
  • Menjadi relawan, juga membatu kamu untuk lebih meningkatkan kepedulian dalam membatu seseorang.
  • Selain mendapatkan pengalaman, kamu juga mendapat pelajaran baru yang bisa menambah keahlian di bidang sosial.
  • Jadi relawan mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan pada hidup kita.
  • Belajar ikhlas dalam melakukan kebaikan, meskipun dirimu tidak mendapat imbalan berupa materi.

Tapi ingat Disasterizen! Menjadi relawan ini bukan sembarang orang bisa melakukannya. Perlu diketahui juga, ada beberapa tips yang perlu kamu ingat untuk menjadi seorang relawan kebencanaan. Kalau tidak melakukannya, bisa jadi malah kamu yang merepotkan! Ups! Buruan simak di bawah ini!

Baca juga : KENALI FENOMENA ‘TANAH BERGERAK’

Tips Menjadi Relawan   

  • Kemampuan Dasar Bertahan Diri

Untuk menjadi seorang relawan, kamu harus mempunyai kemampuan untuk bertahan diri. Di lokasi bencana kamu memerlukan mental yang kuat agar kalian tidak menjadi penghambat relawan lainnya.

  • Kemampuan Medis Dasar

Relawan perlu memiliki kemampuan medis dasar, karena kalian nantinya dapat membantu tim medis untuk mengobati korban bencana alam. Bahkan, besar kemungkinan kamu bisa terluka atau cedera. Jadi, jika kalian memahami kemampuan medis dasar, maka kalian bisa mengobati diri sendiri dan tentunya korban bencana.

  • Punya Pengetahuan Tentang Bencana

Ini penting untuk kamu yang ingin menjadi relawan dalam hal kebencanaan! Jadi, sebelum berangkat ke tempat yang sedang terjadi bencana, kamu perlu mengetahui bagaimana kondisi disana. (MA)

Sumber : Sekolah Relawan & Indorelawan.org

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar