Asal-usul Pembentukkan Gunungapi

Asal-usul Pembentukkan Gunungapi

Sumber : Shutterstock.com

Sobat Disasterizen, Indonesia kan memang dikelilingi oleh gunung api ya. Mulai dari gunung api yang aktif ataupun tidak aktif, ada yang di bawah laut ataupun di atas permukaan. Berbagai macam rupa dan bentuk semua ada di sini. Lalu tahu tidak bagaimana sih gunung ini terbentuk? Yuk simak!

Kalau dilihat secara pembentukkannya, gunung ini dibagi menjadi dua istilah, yaitu :

  • Volcano atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah gunung api.
  • Mountain yang memiliki arti pegunungan.

Kita bahas yang volcano/gunungapi terlebih dahulu yuk Disasterizen!

Baca juga:TERNYATA TSUNAMI DI DANAU ITU ADA

Volcano/Gunungapi

Gunungapi bisa terbentuk karena adanya gerakan magma sebagai arus konveksi (arus yang terbentuk akibat benda cair, padat atau gas). Dimana arus tersebut menyebabkan terjadinya gerakan dari kerak bumi. Gerakan kerak tersebut disebut juga dengan pergerakan antar lempeng.

Nah, pergerakan antar lempeng ini menimbulkan empat busur gunungapi berbeda :

  • Pemekaran kerak benua, lempeng bergerak saling menjauh sehingga memberikan kesempatan magma bergerak ke permukaan, kemudian membentuk busur gunungapi tengah samudera.
  • Tumbukan antar kerak, dimana kerak samudera menunjam di bawah kerak benua. Akibat gesekan antar kerak tersebut terjadi peleburan batuan dan lelehan batuan ini bergerak ke permukaan melalui rekahan kemudian membentuk busur gunungapi di tepi benua.
  • Kerak benua menjauh satu sama lain secara horizontal, sehingga menimbulkan rekahan atau patahan. Patahan atau rekahan tersebut menjadi jalan ke permukaan lelehan batuan atau magma sehingga membentuk busur gunungapi tengah benua atau banjir lava sepanjang rekahan.
  • Penipisan kerak samudera akibat pergerakan lempeng memberikan kesempatan bagi magma menerobos ke dasar samudera, terobosan magma ini merupakan banjir lava yang membentuk deretan gunungapi perisai.

*Note : Busur gunung api : rantai gunung api yang terbentuk di atas lempeng subduksi (penunjaman), dan memiliki posisi berbentuk busur ketika dilihat dari atas.

Seperti yang kita lihat, kalau gunungapi di Indonesia terbentuk akibat adanya subduksi, maka kebanyakan membentuk gunung api tipe strato atau gunung api berlapis yang disebabkan adanya variasi periode erupsi. Di pulau Jawa dan Sumatera sendiri pembentukan gunungapi terjadi akibat tumbukan kerak Samudera Hindia dengan kerak Benua Asia.

Bagaimana Disasterizen, sudah paham bagaimana terbentuknya gunungapi di Indonesia ini? Mau tahu kelanjuttan dari artikel ini? Di artikel selanjutnya kami akan membahas bagaimana pegunungan terbentuk, mengingat kalau Indonesia juga dikelilingi oleh pegunungan. Jadi, tetap bersama kami ya! (MA)

Sumber : ESDM.go.idJournal UPI, dan Kumparan.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar