Apakah BNPB dan BASARNAS Sama

Apakah BNPB dan BASARNAS Sama

Indonesia telah membentuk lembaga dalam penanggulangan bencana, yaitu BNPB dengan BASARNAS. Kedua lembaga ini memiliki peran yang amat penting untuk penanggulangan bencana alam. Namun, apakah keduanya sama? Simak deh dibawah ini penjelasannya!

Kita mulai dari BNPB dahulu ya! Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah sebuah Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai tugas membantu Presiden Republik Indonesia dalam mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan kegiatan penanganan bencana, kedaruratan secara terpadu, serta melaksanakan penanganan bencana dan kedaruratan mulai dari sebelum, pada saat, dan setelah terjadi bencana yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, dan pemulihan.  Awal dibuatnya BNPB adalah pada 26 Januari 2008 silam. Nah, tugas dan fungsi dari BNPB apa sih?

Untuk tugas BNPB secara ringkas adalah memberikan pedoman dan pengarahan terhadap penanggulangan bencana yang berisi pencegahan, penanganan tanggap darurat, pemulihan dan rekonstruksi secara adil dan merata. Kemudian, fungsi dari BNPB adalah penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat secara efisien dan efektif dan mengatur pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana dan menyeluruh.

Meskipun sama-sama memiliki peran dalam kebencanaa, tapi keduanya berbeda. Lantas apa nih yang membedakannya dengan BASARNAS?

Organisasi SAR di Indonesia yang bernama BASARNAS atau Badan SAR Nasional ini awal lahirnya dikarenakan adanya penyebutan “Black Area” pada negara yang tidak memiliki organisasi SAR. Saat Indonesia menjadi anggota organisasi penerbangan internasional ICAO (International Civil Aviation Organization), pemerintah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomer 5 tahun 1955 tentang Penetapan Dewan Penerbangan untuk membentuk panitia SAR. Namun, apa sih tugas dan fungsi dari BASARNAS itu sendiri?

Tugas pokok dari BASARNAS itu sendiri adalah membantu Presiden dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan, juga memberikan bantuan SAR nasional serta internasional. Fungsi dari BASARNAS itu sendiri untuk negara adalah penyelenggaraan dan pelayanan informasi pencarian dan pertolongan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa BNPB menangani semua bencana, mulai dari sebelum, pada saat dan setelah terjadinya bencana. Sedangkan, BASARNAS sendiri hanya berfokus pada evakuasi para korban.

Wah, dengan adanya BNPB dan BASARNAS diharapkan dapat menolong orang yang terkena bencana dan dapat mengurangi risiko bencana, ya! (MA)

Sumber : BNPB & BASARNAS

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar