Apakah Anak Krakatau Akan Lebih Kuat Daripada Ibunya

Apakah Anak Krakatau Akan Lebih Kuat Daripada Ibunya

Gunung Anak Krakatau mengeluarkan asap dari kalderanya di Selat Sunda, 20 April 2015. Sumber: Tempo/Dian Triyuli Handoko.

Sobat Disasterizen, Gunung Krakatau adalah salah satu gunungapi aktif yang paling berbahaya di dunia. Beberapa letusan yang terjadi sangatlah berdampak besar terhadap peradaban manusia. Sebut saja letusan di tahun 416 yang menyebabkan terpisahnya Pulau Sumatera dengan Pulau Jawa., atau letusan 1883 yang menewaskan kurang lebih 36.400 orang!

Anak Krakatau sendiri terbentuk sejak tahun 1923, dan terus tumbuh dari bawah permukaan laut. Dan pada tahun 2018 sebelum erupsi, tinggi Gunung Anak Krakatau sudah mencapai lebih dari 300 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Faktor-faktor 

Ada 4 faktor yang mempengaruhi tingkat kekuatan letusan sebuah gunungapi, yaitu: kekentalan magma, tekanan gas dari dalam perut gunung, kedalaman dapur magma, dan luas area dapur magma.

Faktor-faktor ini bisa dilihat dari luas kaldera dan tinggi gunungapi.

Apakah anak akan jadi sama kuat dengan induknya?

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho via Twitter-nya menyatakan bahwa letusan Gunung Anak Krakatau tidak akan sebesar letusan induknya pada 1883 silam.

“5) Tahun 1883, tiga gunung di Selat Sunda (G.Rakata, G.Danan. G.Perbuatan) meletus bersamaan. Letusannya besar dan menimbulkan tsunami besar setinggi 36 meter. Lalu gunungnya hilang. Lalu 1927 muncul Gunung Anak Krakatau (GAK). Tidak mungkin letusan GAK akan sama tahun 1883”

-Sutopo Purwo Nugroho via Twitter-nya @Sutopo_PN

Nah, sekarang sobat sudah tahu, kan. Jika Genung Anak Krakatau meletus dekat-dekat ini, letusannya tidak akan sehebat induknya pada 1883 silam. Tapi biarpun begitu, kita harus selalu siap siaga kapanpun, dan dimanapun kita berada. Karena bahaya bencana alam selalu mengintai, dan tidak menutup kemungkinan juga kalau gunung ini akan tumbuh sebesar induknya di tahun-tahun yang akan mendatang. Waspadalah! (RG)

 

 

 

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar