7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Gelombang Panas

7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Gelombang Panas

Ilustrasi orang kepanasan. Sumber: Pixabay

Disasterizen, di Indonesia ini memang sedang mengalami gelombang dingin. Tapi bukan nggak mungkin kalau Indonesia tidak mengalami gelombang panas kan? Seperti yang terjadi di Eropa dan India saat ini yang sedang mengalami gelombang panas. Nah, ingin tahu nggak persiapan apa saja sih yang harus dilakukan dalam menghadapi gelombang panas? Let’s go!

  • Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Dalam keadaan panas-panasnya terik matahari saat terjadi gelombang panas, hindarilah terkena sinar matahari langsung ya Disasterizen! Ini mencegah kamu agar terhindar dari kulit yang gosong dan radiasi sinar UV.

  • Jaga Suhu Rumah Agar Tetap Sejuk

Penting untuk kamu menjaga suhu rumah kamu agar selalu tetap sejuk. Saat gelombang panas terjadi, pasti kamu akan merasa gerah dan panas. Kamu bisa menggunakan AC (air conditioner) atau kipas angin untuk meminimalisir suhu yang panas.

  • Jangan Lupa Untuk Selalu Minum Air Mineral

Usahakan selalu minum air mineral, jangan sampai kamu merasa dehidrasi, ya!

  • Makan yang Cukup

Makan makanan yang cukup itu penting Disasterizen! Selalu jaga kesehatan dirimu dan makan makanan yang sehat dan bergizi.

  • Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Saat suhu panas menyerang dirimu, gunakanlah pakaian yang membuat kamu nyaman dan usahakan gunakan pakaian dengan bahan yang bisa menyerap keringat. Jangan lupa, hindari gunakan pakaian yang berwarna gelap. Karena pakaian berwarna gelap biasanya tidak menyerap keringat dan membuat kamu semakin gerah.

  • Hindari Kegiatan Fisik yang Berat

Sebisa mungkin untuk hindari kegiatan fisik yang berat. Ini akan mengakibatkan kamu merasa cepat lelah dalam keadaan gelombang panas ini.

  • Jangan Pernah Tinggalkan Anak dan Binatang Peliharaan Dalam Mobil

Jangan pernah tinggalkan anak kamu dan binatang peliharaan kesayanganmu di dalam mobil, jika mobil dalam keadaan mati. Jangan pernah ya Disasterizen! (MA)

Sumber : IFRC

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar