6 Tips dan Trik Menghemat Air

6 Tips dan Trik Menghemat Air

Sumber : Pixabay

Kalau membayangkan hidup tanpa air, sepertinya sangat tidak mungkin ya Disasterizen. Air itu sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, apalagi saat kekeringan seperti ini. Sayangnya, ternyata di beberapa wilayah sudah mengalami kesulitan air, lho.

Ada yang harus mengambil air dari sumber air dengan jarak yang cukup jauh. Tidak mau kan kalian mengalaminya juga? Kalau tidak mau, SiagaBencana.com kasih beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air, seperti….

  • Mengurangi Menyiram Tanaman

Sumber : grid.id

Menyiram tanaman itu memang penting agar tumbuhan semakin subur. Akan tetapi, di saat kondisi kekeringan seperti ini untuk membuang-buang air rasanya sangat sayang. Ada baiknya kamu mengurangi jatah menyiram tanaman, lakukan penyiraman hanya pada saat pagi hari atau sore hari saja, ya!

  • Mandi Menggunakan Shower

Sumber : Pinterest

Ada lagi nih Disasterizen, tips dan trik yang bisa kamu lakukan di saat terjadi kekeringan. Misalnya saja saat kamu mandi, lebih baik kamu mandi menggunakan shower dari pada berendam atau menggunakan gayung. Ini lebih menghemat penggunaan air.

  • Manfaatkan Air Bekas Mencuci

Sumber : Pintrest

Ketika kamu membeli buah atau sayuran dan kemudian mencucinya. Jangan langsung membuang air bekas cucian buah dan sayur itu ya Disasterizen! Sebab, air bekas cucian tersebut bisa kamu gunakan kembali untuk menyiram tanaman. Nah, kalau udah seperti ini kan menjadi lebih hemat lagi dalam menggunakan air. Betul kan Sob?

  • Tutup Keran Saat Gosok Gigi dan Cuci Muka

Sumber : Pinterest

Saat kamu sedang mencuci muka dan menggosok gigi, jangan lupa untuk menutup keran airnya. Jangan membiarkan air yang mengalir dari keran dengan sia-sia. Mengingat betapa kita membutuhkan air saat kondisi seperti ini.

  • Kurangi Penggunaan Air Untuk Memasak Masakan Instan

Selain empat hal di atas yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air, cara ini juga bisa lho kamu contoh. Apalagi memakan masakan yang instan, seperti memasak mie tidak baik untuk kesehatan. Cara ini dilakukan bukan hanya untuk menghemat air, tapi demi kesehatan kamu juga.

  • Lakukan Perbaikan Pada Kebocoran Pipa

Sumber : carapraktis.info

Jika kamu merasa ada kebocoran pada pipa salauran air atau keran. Segera lakukan perbaikan, jangan malah hanya membiarkannya saja. Air yang keluar itu akan terbuang sia-sia kalau kamu tidak melakukan perbaikan. (MA)

Sumber : Sekolah Relawan

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar