5 Seni Ini Terinspirasi Dari Letusan Gunung Krakatau

5 Seni Ini Terinspirasi Dari Letusan Gunung Krakatau

Ilustrasi Gunung Krakatau. Sumber : wikipedia

Sobat Disasterizen, masih di hari khusus spesial menolak lupa terjadinya letusan Krakatau yang maha dahsyat pada 26-27 Agustus 1883 silam. Nama Gunung Krakatau akan selalu teringat dan terkenang bagi sejarah dunia hingga saat ini. Letusan Gunung Krakatau ini diyakini sebagai letusan terdahsyat ke dua setelah letusan Gunung Tambora yang ada di Indonesia.  

Di balik terjadinya letusan Krakatau ini, banyak yang menjadikannya inspirasi dalam berbagai bidang kesenian. Misalnya saja lukisan, kartun atau masih banyak lagi deh! Di bawah ini beberapa seni yang terinspirasi dari letusan Gunung Krakatau!

Baca juga : MENOLAK LUPA LETUSAN GUNUNG KRAKATAU 1883

  • Lukisan

Sumber : Kumparan

Letusan Krakatau yang dahsyat ini bisa menjadi berbagai inspirasi dalam menciptakan seni, misalnya saja lukisan yang dibuat oleh pelukis asal Norwegia, Edvard Munch. Lukisan yang berjudul ‘The Scream’ ini memiliki latar belakang langit merah akibat letusan Krakatau.

Lukisan ini dibuat pada tahun 1893 silam, yang tepatnya 10 tahun setelah kejadian letusan Gunung Krakatau. Di dalam lukisan itu, terdapat seorang yang sedang memegang telinga dengan raut wajah ketakutan, seperti menjerit.

  • Kartun

Bukan cuma dalam di lukisan, bahkan dalam serial dan film kartun yang sangat terkenal dari zaman ke zaman yaitu Spongebob Squarepants juga terinspirasi oleh letusan Krakatau. Dalam salah satu episodenya terdapat Karakter Captain Magma, yaitu Mermaid Man and Barnacle Boy V dan The Bad Guy Club for Villains. Dalam film tersebut, kata Krakatoa terucap dari mulut Captain Magma.

  • Film

Sumber : Wikipedia.com

Selain kartun yang menjadi inspirasi, film pun tak mau kalah saing. Ada beberapa film yang mengangkat tentang kejadian letusan Gunung Krakatau, misalnya saja berjudul Krakatoa The Last Days dan Krakatoa: East of Java. Film ini mengangkat betapa dahsyatnya dan mengerikannya kejadian waktu itu.

  • Simulasi

Ada ahli vulkanologi dunia, bernama Dr. Brad Pitcher, yang telah membuat simulasi mengenai letusan Gunung Krakatau. Ia melakukan simulasi ini bersama dengan siswa sekolah. Ia mencontohkan tiruan Gunung Krakatau yang meletus, dengan cara menuangkan nitrogen cair ke dalam ember 2 liter dan menutupnya, Setelah itu, nantinya gunung palsu itu akan meletus

Saat meletus, ada siswa yang kaget dan berjatuhan. Letusan ini begitu dahsyat sehingga kamera perekam pun ikut bergoyang. Dr. Pitcher diketahui menjadi salah satu pendukung Gunung Krakatau di ajang Volcano Cup 2018.

  • Lagu

Lukisan sudah, film pun juga sudah, sekarang lagu! Lagu yang sudah dibuat memang bisa diciptakan akibat dari kejadian yang dialami sang penulis atau dari orang lain. Misalnya saja lagu-lagu yang dibuat oleh Taylor Swift adalah terinspirasi dari kejadian hidup pada dirinya.

Nah letusan Krakatau juga pun begitu, bisa mendatangkan inspirasi dari band Saxon. Lagu yang berjudul ‘Krakatao’ dirilis pada tahun 1985, mengandung lirik yang mengisahkan tentang kejadian letusan Krakatau tahun 1883. (MA)

Sumber : enacademic.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar