5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Terjadi Kebakaran Hutan

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Terjadi Kebakaran Hutan

Indonesia dikenal dengan kaya akan sumber daya alamnya, termasuk hutan tropis. Maka dari itu, kebakaran hutan sering terjadi baik karena faktor manusia atau faktor alam, seperti el nino (fenomena cuacu yang terjadi di Samudra Pasifik) yang berdampak kekeringan. Dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan adalah gangguan kesehatan, seprti gangguan pernafasan.  Berikut ini yang harus kamu lakukan saat terjadinya kabut asap.

  • Tetap Dalam Rumah/ Berlindung di Pusat Evakuasi

Tetaplah berada dalam rumah lalu, tutup semua akses udara yang masuk ke dalam rumahmu. Jaga udara sebersih mungkin dan nyalakan AC (Air Conditioner). Jika kalian tidak memiliki AC, pergilah ke pusat evakuasi jika rumah mu terasa pengap.

  • Periksa ke Dokter

Kalau kamu memiliki penyakit khusus, seperti gangguan jantung atau paru-paru segeralah periksa ke dokter.

  • Cukup Air Mineral dan Makanan Bergizi

Cukupi minum air mineral, buah dan makan makanan yang bergizi agar kalian tetap terjaga kesehatannya. Jangan sampai dehidrasi ya!

  • Lindungi Hidung dengan Masker

Ada baiknya kamu menggunakan masker N95 untuk perlindungan lebih baik, karena masker ini memiliki bahan yang tidak mudah rusak. Namun, masker ini hanya boleh dipakai 1 kali saja, ya!

  • Cuci Tangan dan Muka

Cuci tangan dan mukalah setelah beraktifitas diluar ruangan.

Nah, itulah yang harus kalian lakukan saat terjadi kabut asap disekitar kita. Harus selalu jaga kesehatan dan bersiap siaga, ya! Siagabencana.com punya tips untuk pencegahan kebakaran hutan, simak di sini! (MA)

Sumber : Video Kebakaran Hutan BNPB

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar