5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Terjadi Kebakaran

5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Terjadi Kebakaran

Kebakaran stadion Valley Parade milik Bradford FC, Inggris, pada 1985.

Sobat Disasterizen, kebakaran adalah salah satu bencana yang paling tidak bisa diprediksi. Selain karena mayoritas penyebabnya adalah kelalaian manusia seperti meninggalkan puntung rokok, kecerobohan dalam memasang tabung gas, atau hubungan arus pendek, intensitas dan gerak api tidak bisa diperkirakan. Coba lihat video di bawah ini

 

Hanya dalam waktu 6 menit, api bisa membakar seisi stadion Valley Parade milik Bradford FC. Tentu saja, ini ditentukan oleh angin dan keberadaan benda-benda yang mudah terbakar di sekitarnya.

Tapi, apa saja sih yang harus kita persiapkan sebelum kebakaran benar-benar terjadi? Karena tentu, mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Peran

Sebelum kebakaran benar-benar terjadi, alangkah baiknya jika masing-masing anggota keluarga sudah berbagi peran. Tentukan peran ayah, anak, ibu, saudara, atau asisten rumah tangga saat kebakaran. Dalam hal ini, kepala keluargalah yang bertanggung jawab. Misalnya, ketika kebakaran terjadi di malam hari, ibu membangunkan anak-anak dan ayah mengambil tas siaga, dokumen-dokumen penting, dan membuka jalan untuk anggota keluarga keluar rumah. Terserah. Kamu bisa berunding dengan keluarga. 

Smoke Alarm

 

Smoke alarm, via wirecutter.

Tidak ada asap kalau tidak ada api. Smoke alarm atau smoke detector adalah sebuah alat yang berbentuk bulat dan ditempel di dinding, berfungsi untuk mendeteksi adanya asap.

Alat ini biasanya sudah dilengkapi oleh baterai siap pakai dalam paket pembelian.

Ketika alarm mendeteksi asap, alarm akan berbunyi dengan sangat keras.

Harganya juga tidak terlalu mahal, kok. Berkisar dari 75.000 rupiah hingga 300.000 rupiah, kamu sudah bisa memiliki alat keamanan yang sangat vital ini. 

Tas Siaga 

American Red Cross

Tas siaga berisi kumpulan barang-barang kebutuhan dasar rumah tangga yang dipersiapkan sebelum terjadinya bencana. Isinya adalah kebutuhan-kebutuhan dasar untuk survival, seperti air mineral, makanan kering dan tidak cepat basi, senter, masker, dan P3K. Letakkan tas siaga di tempat yang mudah dijangkau, misalnya di dekat pintu keluar rumah.

Untuk infografis dan info lengkap tentang tas siaga bencana, klik link di bawah ini.

Baca juga: INFOGRAFIS: Tas Siaga Bencana

APAR 

 

APAR adalah tabung pemadam api yang besar, biasanya berwarna merah. Tabung ini mengeluarkan senyawa kimia, bisa berupa air, busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam), serbuk kering kimia mono anomium dan ammonium sulfat, atau karbon dioksida. Tapi untuk penggunaan di rumah, air dan busa AFFF lah yang paling praktis dan ekonomis.

Taruh APAR di tempat yang aman mudah dijangkau. Jika sobat menaruhnya di dalam lemari kaca, jangan dikunci walaupun sobat selalu memegang kuncinya atau sobat menaruh kuncinya di dekat lemari! Kenapa? Karena ketika bencana terjadi, seringkali kita merasa panik. Ketika kita merasa panik, kita lebih rentan bertindak ceroboh.

Standar SNI pada setiap perabot gas, kompor, dan listrik

Pemerintah membuat standar keamanan SNI bukan tanpa alasan. Bukan hanya helm yang harus SNI, tapi kompor, gas, dan instalasi listrik di rumah kita harus juga berstandar SNI. Jangan lupa juga untuk selalu cek keadaan alat secara berkala, dan letakkan dalam posisi yang aman.

Ingat, satu detik dalam keadaan genting seperti ini bisa menyelamatkan nyawa. Jangan panik, dan jangan ceroboh! (RG)

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar