4 Hal Ini Jangan Kamu Lakukan Ketika Ada Kebakaran Hutan

4 Hal Ini Jangan Kamu Lakukan Ketika Ada Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan di California, Amerika Serikat. Sumber: Shutterstock

Tahukah Anda kalau Indonesia itu dikenal sebagai paru-paru dunia? Ya, dengan total luas hutan hingga ratusan juta hektar, Indonesia dan Brazil acapkali dicap dengan julukan paru-paru dunia. Namun faktanya, menurut Laboratorium Global Land Analysis and Discovery dari University of Maryland, Indonesia adalah negara nomor 1 dalam angka penurunan jumlah luas hutan, terhitung sejak 2011 hingga 2015.

Statistik kebakaran hutan di Indonesia. Sumber: World Resources Institute

Kebakaran hutan sendiri menyebabkan banyak penyakit berbahaya seperti iritasi kronis pada mata dan tenggorokan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya.

 Sekarang pertanyaannya, apa yang seharusnya tidak kamu lakukan jika kamu tinggal di daerah yang rawan kebakaran hutan?

Jangan keluar rumah! 

Pria dengan masker N95. Sumber: Shutterstock.

Jangan keluar rumah kecuali memiliki kepentingan mendesak. Jika memang harus terpaksa keluar, selalu gunakan masker pelindung. Kalau bisa, gunakan masker yang berstandar N95 yang didukung oleh teknologi Advanced Electret Media yang dapat memberikan kemampuan bernapas yang lebih baik. 

Jangan lama-lama di luar rumah!

Kalau memang kamu terpaksa harus keluar rumah, sebaiknya kamu jangan berlama-lama di luar. Karena, asap hasil kebakaran hutan mengandung karbondioksida yang berlapis-lapis dan itu sangat tidak baik untuk kesehatan kamu.

Jangan malas untuk periksa ke dokter!

Ilustrasi dokter. Sumber: Shutterstock.

Asap kebakaran hutan membawa sejuta penyakit. Jika kamu atau keluarga, sanak, dan kerabat merasa ada yang janggal di paru-paru dan pernapasan, segera perisakan ke dokter atau klinik kesehatan terdekat. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati!

Jangan lupa asupan gizi! 

Jaga asupan gizi. Sumber: Shutterstock.

Di saat-saat krusial seperti ini, asupan gizi untuk tubuh sangatlah penting untuk bertahan hidup. Kamu harus senantiasa menjaga tubuh untuk tetap fit. Karena itu, jangan lupa mengkonsumsi air putih, buah-buahan, serta makanan yang bergizi. Jangan sampai dehidrasi, ya!

Nah, berikut adalah 4 hal yang jangan pernah sobat disasterizen lupakan ketika terjadi kebakaran hutan.

Ingat, sedia payung sebelum hujan. Sedia pengetahuan sebelum bencana melanda! (RG)

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar