3 Langkah Tanggap Tsunami yang Wajib Kamu Ketahui

3 Langkah Tanggap Tsunami yang Wajib Kamu Ketahui

sumber : Shutterstock.com

Kemarin-marin kan (2/8), ada berita ya tentang gempa yang menimbulkan tsunami, misalkan saja yang terjadi di Banten yang kekuatannya M 6.9 dengan kedalaman 48 km. 

Tapi kok bisa ya tsunami itu bisa terjadi dan menyapu bersih kita, apa ya sebabnya, Sob? Sebenarnya banyak penyebab yang menjadikan gelombang raksasa ini menelan kita, yaitu faktor dari gempa tektonik bawah laut, letusan gunung berapi, longsor bawah laut, dan meteor yang jatuh ke Bumi. Baca yuk penjelasannya di bawah ini, cus!

Penyebab Tsunami

  • Gempa Tektonik Bawah Laut

Jadi, tsunami ini bisa terjadi ketika dasar lautan bergerak secara tiba-tiba akibat gempa tektonik. Gempa tektonik adalah jenis gempa yang berhubungan dengan pergeseran kulit bumi. Ketika gempa tersebut terjadi di bawah laut, otomatis air yang berada di atas daerah yang bergerak berpindah dari posisi kesimbangannya. Lalu, gelombang akan terbentuk, gaya gravitasi, dan massa air akan berupaya mencapai keseimbangannya lagi. Maka dari itu, terjadilah tsunami.

  • Letusan Gunung Api

Selain gempabumi, ternyata dari letusan gunung api juga bisa, lho. Letusan dari gunung api yang sangat besar dapat mengakibatkan gempabumi di wilayah sekitar dan pasti membawa material. Materialnya mulai dari kecil hingga besar yang dapat terlempar ke laut dan mengubah volume air laur hingga menimbulkan gelombang tsunami.

  • Longsor Bawah Laut

Tsunami yang disebabkan oleh longsor bawah laut dinamakan dengan Tsunamic Submarine Landslide. Longsor bawah laut ini biasanya disebabkan oleh gempabumi tektonik atau letusan gunung bawah laut. Getaran kuat yang ditimbulkan oleh longsor bisa menyebabkan terjadinya tsunami. Selain itu pula, tabrakan lempeng di bawah laut ini juga bisa menyebabkan terjadinya longsor.

  • Meteor yang Jatuh ke Bumi

Meteor atau benda langit yang jatuh ke bumi memang jarang terjadi, tapi hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya tsunami. Jika meteor yang besar jatuh ke laut, maka meteor tersebut akan menimbulkan tekanan ke permukaan air, lalu akan memunculkan gelombang tsunami.

Baca juga : CARA UNIK JEPANG DALAM KESIAPSIAGAAN TSUNAMI

Langkah Tanggap Tsunami

Lantas apa yang harus kita lakukan nih? Dalam buku yang dikeluarkan oleh BMKG, ada tiga langkah tanggap tsunami, yaitu….

  • Tanggap Gempa

Waspadalah gempabumi yang kuat atau berlangsung lama dapat memicu tsunami dalam waktu singkat. Jauhi pantai dan tepi sungai, serta cari infromasi apa yang terjadi.

  • Tanggap Peringatan

Dapatkan informasi peringatan dini dari BMKG melalui apapun. Jika berbunyi sirine, kentongan, atau peralatan lainnya yang sudah disepakati segeralah evakuasi.

  • Tanggap Evakuasi

Setelah gempabumi atau menerima peringatan tsunami, segera evakuasi ke lokasi yang aman. Lalu, ikuti jalur dan rambu evakuasi. Kemudian, jika lokasi aman tidak diketahui, larilah sejauh mungkin dari pantai dan naiklah ke tempat yang lebih tinggi. (MA)

Sumber : Buku Saku Mengenal Gempa dan Tsunami BMKG

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar