PERINGATAN DINI BENCANA GEMPABUMI

Early Warning System atau kalau di bahasa Indonesia kan menjadi Sistem Peringatan Dini. Apa sih itu? Jadi, Sistem Peringatan Dini (Early Warning System) itu sistem yang berfungsi sebagai pemberitahuan akan terjadinya kejadian alam, seperti gempabumi, tanah longsor, tsunami, banjir dan sebagainya. Biasanya, dalam keadaan kritis secara umum peringatan dini yang merupakan penyampaian informasi tersebut diwujudkan dalam bentuk sirine, kentongan dan lain sebagainya.

Untuk masyarakat Indonesia, Sistem Peringatan Dini ini sangat penting. Diharapkan dengan adanya sistem peringatan dini akan dapat dikembangkan upaya-upaya yang tepat untuk mencegah atau paling tidak mengurangi terjadinya dampak bencana alam bagi masyarakat kita.   

Udah paham kan sampai disini? Selanjutnya adalah udah pernah lihat belum alat pendekteksi gempabumi itu seperti apa?

Alat yang digunakan untuk mengukur gempabumi dinamakan dengan seismograf. Alat ini memantau gerakan-gerakan bumi dan mencatatnya dalam seismograf. Getaran ketika gempabumi terjadi tergambar pada bentuk garis bergelombang di dalam seismograf. Untuk menentukan besar kecilnya kekuatan gempa dinamakan Skala Richter.

Selain menggunakan seismograf, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Inarisk atau Info BMKG. Dengan kedua aplikasi ini, kamu akan mendapat informasi gempabumi secara tepat dan akurat. (MA)

Sumber : Buku Gempabumi MPBI dan Kemkes.go.id