Perhatikan 4 Persiapan Menghadapi Musim Hujan

Melihat hujan sudah mulai turun di beberapa wilayah Indonesia ini, rasanya sangat menyenangkan ya Disasterizen? Saat ini Indonesia sudah mengalami peningkatan curah hujan yang signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Sebagai contoh, berdasarkan hasil pengamatan curah hujan bulanan di Stasiun Meteorologi Cut Nyak Dhien Aceh, curah hujan bulanan pada bulan Oktober naik hampir 40% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni sebesar 689.9 mm. Data ini diperoleh dari Climate Data Management System (CMDS) BMKG. Sebelum kita menghadapi musim hujan yang sesungguhnya, ada baiknya perhatikan 4 persiapan yang perlu kamu lakukan!

Baca juga : PALAPA RING : TOL LANGIT TANGGAP BENCANA

  • Mengganti Genting yang Retak

Sebelum musim hujan datang, ada baiknya kamu mengecek genting rumah kamu. Siapa tahu terjadi keretakan yang mengakibatkan kebocoran. Kalau hujan sudah tiba, rasa-rasanya kurang enak dan ribet sendiri ya kalau atap rumah pada bocor? Nah, saat ini adalah langkah yang tepat untuk kamu mengganti genting yang sudah retak.

  • Bersihkan Talang/Pembuangan Air

Apakah rumah kamu dikelilingi banyak pepohonan? Kalau jawabannya iya, segera bersihkan talang atau pembuangan air dari daun-daun atau sampah. Hal ini dilakukan supaya salurannya tidak tehambat oleh daun yang menumpuk.

  • Kenali Potensi Kebencanaan

Dengan mengenali potensi kebencanaan di lingkungan sekitar kita adalah suatu hal yang wajib untuk kita. Dengan mengenalinya, menyebabkan kita lebih siap jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

  • Unduh Aplikasi Info BMKG

Last but not least, selain kamu menyiapkan tiga hal di atas. Bekali diri dengan selalu meng-update informasi terkini terkait cuaca melalui portal resmi BMKG dan di aplikasi Info BMKG. Aplikasi Info BMKG menyajikan banyak sekali informasi seputar kebencanaan dan aplikasi ini gratis lho! Kamu bisa dapatkan di gawai kesayangan kamu! Yuk segera unduh! (MA)

Sumber : BMKG