PENYEBAB BENCANA TANAH LONGSOR

Disasterizen sudah mengenalkan apa itu tanah longsor? Kalau belum, lebih baik baca terlebih dahulu! Pada kali ini, SiagaBencana.com akan membahas pemicu dari tanah longsor itu sendiri. Pemicu tanah longsor itu sendiri seringkali dipicu oleh banyak sebab, apa sih? Yuk simak!

  • Curah Hujan

Pada musim hujan dengan curah hujan yang tinggi akan menyebabkan terjadinya tanah longsor. Inilah yang menyebabkan tanah menjadi dipenuhi air dengan waktu yang singkat dan tanah akan melunak.

  • Lereng Terjal

Selain faktor curah hujan, lereng yang terjal juga bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor! Lereng atau tebing yang terjal akan memperbesar gaya pendorong. Lereng yang terjal biasanya dikarenakan pengikisan air sungai, mata air, air laut dan angin.

  • Tanah yang Kurang Padat Serta Tebal

Tanah yang kurang padat adalah tanah liat atau tanah lempung dengan ketebalan 2,5 meter dari sudut lereng lebih dari 220. Makanya, tanah jenis inilah yang biasanya rentan akan terjadinya tanah longsor.

  • Getaran

Getaran akibat gempabumi, ledakan, getaran mesin dan getaran lalu lintas kendaraan dapat menimbulkan rontoknya struktur tanah di atas dan badan jalan, lantai, dinding akan retak.

  • Tidak Adanya Pepohonan

Bila ada pepohonan dipermukaannya, tanah longsor akan dicegah karena air akan diserap oleh tumbuhan. Akar tumbuhan juga berfungsi mengikat tanah.

  • Mengikisnya Tanah

Mengikisnya tanah banyak dilakukan oleh air sungai ke arah tebing. Ini akan menyebabkan turunnya kemampuan tanah dan terjadinya tanah longsor.

  • Ulah Manusia

Bukan hanya faktor alam saja yang memicu terjadinya tanah longsor, tetapi ulah manusia juga bisa. Ulah yang seperti apa saja sih yang disebabkan manusia? Seperti pembuatan irigasi di lereng yang tidak mengikuti kaidah pembangunan irigasi, penggalian pada lereng atau kaki lereng, penggundulan hutan, dan pemberian beban berlebihan pada lereng. (MA)

Sumber : Infografis Box Breaker & Jurnal Nandi, S.pd, M.T, M.SC,.