PENYEBAB BENCANA CUACA EKSTREM

Ada beberapa penyebab yang menjadikan cuaca ekstrim terjadi di Indonesia. Apakah itu? Ini dia penyebab terjadinya cuaca ekstrim!

  • Efek Rumah Kaca

Saat ini, efek rumah kaca sangat berpengaruh untuk manusia. Apalagi akibat dari meningkatnya gas rumah kaca akan mendorong peristiwa cuaca ektrim terjadi. Efek rumah kaca juga dapat meyebabkan terjadinya pemanasan global. Ada beberapa aktivitas yang biasa manusia lakukan yang mendasari dari gas rumah kaca. 

  • Siklon Tropis

Siklon tropis juga berpengaruh dalam terjadinnya cuaca ektrim. Seperti yang baru-baru ini, terjadinya siklon tropis lili di Laut Banda, meskipun sebelum terjadinya siklon tropis lili ada juga siklon tropis Dahlia dan Cempaka. Dampak yang di timbulkan oleh siklon tropis adalah terjadinya gelombang tinggi, hujan lebat, angin kencang dan lain sebagainya.

  • El Nino, La Nino

El Nino dan La Nina merupakan dinamika atmosfer dan laut yang mempengaruhi cuaca di sekitar laut Pasifik. Namun, pengertian dari El Nino sendiri adalah fenomena perubahan iklim secara global yang diakibatkan oleh memanasnya suhu permukaan air laut Pasifik bagian timur. Ciri-ciri terjadi El Nino adalah meningkatnya suhu muka laut di kawasan Pasifik secara berkala dan meningkatnya perbedaan tekanan udara.

Sedangkan, La Nina merupakan kebalikan dari El Nino. Dengan kata lain La Nina adalah kondisi cuaca yang normal kembali setelah terjadinya El Nino. Proses Terjadinya La Nina adalah perjalanan air laut yang panas ke arah barat tersebut akhirnya akan sampai ke wilayah Indonesia. Akibatnya wilayah Indonesia akan berubah menjadi daerah bertekanan rendah (minimum) dan semua angin di sekitar Pasifik Selatan dan Sumadera Hindia akan bergerak menuju Indonesia.

Fenomena El Nino berpengaruh kuat terhadap iklim di Indonesia. Berkurangnya curah hujan dan terjadinya kemarau panjang. Lain halnya dengan La Nina, yang membawa uap air, sehingga di Indonesia akan sering terjadi hujan lebat.

Sumber : Jurnal Sani Safitri