PENYEBAB BENCANA BANJIR

Penyebab banjir adalah segala sesuatu yang menyebabkan volume air melebihi kapasitas sungai, danau, dan drainase sehingga menyebabkan banjir. Penyebab banjir sendiri diakibakan karena dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Banjir yang disebabkan karena faktor alam adalah kejadian banjir yang disebabkan karena intensitas air hujan yang terlalu besar dan kapasitas alam seperti pohon, sungai dan danau sudah tidak sanggup lagi menampung air. Sedangkan banjir yang disebabkan oleh faktor manusia adalah segala aktivitas manusia yang dapat mempercepat proses banjir, seperti sampah yang mengganggu sungai dan penebangan hutan.

Berikut penyebab-penyebab banjir, baik karena faktor alam ataupun manusia.

  1. Terjadinya Hujan dengan Waktu yang Panjang dan Intensitas yang Tinggi.

Hujan yang terjadi secara terus menerus membuat kapasitas sungai, drainse, dan danau dalam menampung air menjadi berlebih. Hal ini akan menyebabkan luapan air dan menyebabkan banjir.

  1. Bendungan dan Saluran Air yang Tidak Berfungsi dengan Baik.

Bencana banjir juga bisa disebabkan karena tidak berfungsinya bendungan dan saluran air. Hal ini menyebabkan tidak terkontrol nya air hujan yang mengalir di sungai. Seperti contoh kasus banjir bandang di Garut yang menewaskan 50 orang lebih. Banjir ini terjadi karena bendungan Copo tidak berfungsi dengan baik.

  1. Penebangan Pohon secara Besar-Besaran

Pohon berfungsi untuk menahan air hujan yang turun sehingga air hujan tidak langsung jatuh tanah. Ketika pohon ditebang secara besar-besaran, maka hal ini menyebabkan air hujan yang turun akan langsung jatuh ke tanah dan mempercepat proses banjir.

  1. Pembangunan Pemukiman di Daerah Serapan.

Pemukiman tidak dapat meresapkan air karena fungsi tanah telah beralih menjadi semen. Hal ini mengakibatkan hujan yang turun akan menggenang atau tertahan dan menyebabkan banjir.

  1. Buruknya Penanganan Sampah

Akibat dari buruknya penanganan sampah di sungai, maka hal ini akan mengganggu fungsi sungai. Sampah-sampah menyebabkan penyumbatan aliran air dan menyebabkan banjir. (HF)  

Sumber : Infografis Box Breaker