Menyelami Sejarah Gempa Halmahera

Menyelami Sejarah Gempa Halmahera

Sumber : nasional.republik.co.id

Sudah dengar peristiwa yang terjadi di Halmahera Selatan? Yap! Terjadi 93 kali gempabumi susulan, serta sebanyak 30 kali gempa yang dirasakan oleh warga.

Pada Pulau Batanta ini, ke arah barat Sesar Sorong mengalami percabangan. Pada percabangan yang paling utara ini, yaitu Sesar Sorong-Bacan, tersimpan medan tegangan kulit bumi yang akhirnya terpatahkan sebagai gempa yang berkekuatan M 7.2 pada Minggu sore. Sesar Sorong-Bacan inilah pemicu gempa Halmahera Selatan.

Tetapi, sebelummnya nih Disasterizen berdasarkan penelitian Pusat Studi Gempa Bumi Nasional (Pusgen), Rahma Hanifa, Sesar Sorong-Bacan ternyata belum masuk dalam peta sumber gempabumi Indonesia yang telah dipublikasikan lembaganya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada 2017!

Hal ini disebabkan karena sesar yang dimasukkan ke dalam peta tersebut adalah yang sudah dikonfirmasi aktif dari berbagai studi dan hasil diskusi para pakar kegempaan di PuS-Gen, sedangkan yang msih memerlukan studi lanjutan, belum dimasukkan.

Sebelum kejadian ini, gempa juga sering terjadi zaman dahulu di Halmahera ternyata Disasterizen! Catatan sejarah gempa kuat dan merusak di Halmahera cukup banyak, ada 7 kali gempa kuat di wilayah ini yuk simak!

  • Gempa Pulau Raja, 7 Oktober 1923 (M 7.4) skala intensitas VIII MMI
  • Gempa Bacan, 16 April 1963 (M 7.1) skala intensitas VIII MMI
  • Gempa Pulau Damar, 21 Januari 1985 (M 6.9) skala intensitas VIII MMI
  • Gempa Obi, 8 Oktober 1994 (M 6.8) skala intensitas VI-VII MMI
  • Gempa Labuha, 20 Februari 2007 (M 6.7) skala intensitas VII MMI
  • Gempa Labuha, 14 Juli 2019 (M 7.2)

Baca juga : Kenalan Dengan Skala MMI, Yuk

Ternyata bukan kemarin doang ya Disasterizen Halmahera mengalami gempabumi! Sama dengan kejadian yang dialami di Kalimantan yang ternyata menyimpan catatan sejarah gempabumi. Terbukti bukan kalau bencana tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Maka dari itu kalian harus tetap siaga dalam keadaan apapun ya! See ya! (MA)

Sumber : Kompas.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar