Menolak Lupa Tsunami Pangandaran

Menolak Lupa Tsunami Pangandaran

Tugu sebagai pengingat tsunami Pangandaran. Sumber : My Pangandaran.

Percaya deh Disasterizen, kalau setelah badai pasti selalu ada pelangi. Begitupun juga dengan kejadian tsunami yang terjadi di Pangandaran dan Aceh. Seperti Aceh yang telah membangun Museum Tsunami dan di Pangandaran juga mempunyai tugu peringatan bencana tsunami yang berdiri di Pantai Madasari Blok Bulak Benda, Dusun Madasari, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandara.

Tugu tersebut menjadi sebuah museum bersejarah yang tujuannya untuk daya tarik pariwisata, mengenang tragedi tsunami, dan menjadi tempat edukasi bagi masyarakat seperti Museum Tsunami Aceh.

Seharusnya setiap setahun sekali atau tepatnya pada tanggal 17 Juli harus digelar sebuah peringatan bencana tsunami. Seperti yang terjadi Bom Bali, hampir setiap tahun diperingati. Hal ini bisa lho menjadi daya tarik parawisatawan.

Misalkan saja seperti di Gunung Merapi Yogyakarta, warga mengumpulkan barang-barang bekas yang rusak akibat bencana letusan merapi yang kini dijadikan museum. Nah, museum ini menjadi daya tarik parawisata dan menjadi destinasi unggulan di objek wisata tersebut. Maka semakin banyak orang yang akan melakukan wisata ke daerah tersebut.

Nah, gimana nih Disasterizen menurutmu? Setuju tidak dengan dibangunnya museum dan menjadi hal rutin tahunan untuk mengadakan peringatan seperti yang di Bali. Menarik bukan? (MA)

Sumber : Harapan Rakyat

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar