Ayo Belajar Dari Museum Gunung Merapi

Ayo Belajar Dari Museum Gunung Merapi

Tampak jauh Museum Gunung Merapi. Sumber: Alodiatour.com

Museum adalah tempat wisata yang memang mengandung banyak ilmu yang dapat diserap. Salah satunya adalah Museum Gunung Merapi ini Sobat Disasterizen! Museum Gunung Merapi yang terletak di Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta ini bisa menjadi wadah untuk belajar tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Seperti apa di dalamnya? Ikuti kami keliling museum yuk!

  1. Replika Sebaran Awan Panas

Replika alat sebaran awan panas Gunung Merapi. Sumber: Republika.co.id

Saat kamu memasuki museum, kamu bisa melihat replika sebaran awan panas dari letusan Gunung Merapi. Pada alat inilah yang membuat seluruh ruangan bergemuruh, Sob. Jika kamu menekan tombolnya, maka sebaran awan panas dan lava pijar buatan akan muncul yang menyerupai kejadian waktu gunung tersebut meletus. Kebayang dong pasti ya seperti apa kejadian saat itu dengan adanya alat ini?

  1. Batuan dari Gunung Merapi

Batuan dari lava pijar. Sumber: Antara.com

Setelah melihat alat replika sebaran awan panas, kita bisa melihat bebatuan akibat dari letusan Gunung Merapi. Ada display batuan dari letusan Gunung merapi pada tahun 1930 silam. Dari sekian banyaknya koleksi yang ada, salah satunya adalah batu bom (volcanic bomb). Batu ini sepintas terlihat seperti biasa, namun tak disangka kalau batu ini adalah rupa lain dari lava pijar yang bersuhu 700-1.200 derajat celcius. Batu ini kemudian terlempar ke udara dan mengalami proses pendinginan cepat sebelum sampai ke permukaan bumi.

Selain itu, terdapat koleksi benda-benda dari sisa letusan hingga koleksi foto-foto Gunung Merapi dari zaman ke zaman yang dipajang sedemikian rupa sehingga mudah diamati. Serta, ilustrasi dengan gambar kartun pun dapat dijumpai yang tentunya mudah dipahami oleh anak-anak.

Baca juga : INI DIA MUSEUM PENUH KENANGAN, HARAPAN, DAN EDUKASI

  1. Lorong Peraga Simulasi LCD

Lorong peraga simulasi di Museum Gunung Merapi. Sumber: Alodiatour.com

Sudah puas melihat bebatuan akibat dari letusan gunung, kini melewati lorong peraga simulasi LCD, peraga simulasi tsunami hingga peraga simulasi gempa. Masing-masing koleksi tersebut berhasil menarik perhatian tiap pengunjung, apalagi koleksi alat peraga yang ada masih berfungsi dengan baik.

  1. Teater Mini Museum

Setelah semua sisi museum sudah dijelajahi dan mendapat ilmunya, kamu bisa banget masuk ke dalam teater mini museum ini. Di sini kamu akan disuguhkan film pendek berdurasi 24 menit yang berjudul “Mahaguru Merapi”. Film ini menunjukkan dua sisi Merapi yang begitu berbeda, mulai dari Merapi yang memberi kesuburan dan kehidupan bagi setiap makhluk lalu ia juga bisa memakan semuanya tanpa tersisa. (MA)

Sumber : yogyes.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar