Penyebab Bencana Gunung Api

Penyebab Bencana Gunung Api

Pengertian Bencana Gunung Api Penyebab Karakteristik Peringatan Dini Kesiapsiagaan Pra Bencana Kesiapsiagaan Saat Bencana Kesiapsiagaan Pasca Bencana

Menurut Ahli Vulkanologi dari ITB Dr. Eng, Mirzam Abdurrachman mengatakan bahwa penyebab meletusnya gunungapi berkaitan erat dengan keseimbangan dapur magma. Jadi, yang harus kamu ketahui adalah gunungapi memiliki dapur magma yang berada jauh di dalam permukaan gunung tersebut. Dapur magma berisi aktivitas vulkanisme yang salah satunya berisi magma. Magma adalah cairan pijar atau semi cair yang berada di dapur magma dan memiliki suhu sekitar 650-1200oC.

Penyebab utama meletus nya suatu gunung api disebabkan karena beberapa faktor.

1. Terjadinya Penambahan Magma Baru Dalam Perut Bumi

Jadi, logika sederhananya adalah jika kamu mempunyai air di suatu gelas dan gelas tersebut ditambah dengan air lagi, maka air tersebut pasti akan tumpah. Itulah mengapa penambahan magma baru menjadi salah satu penyebab utama meletusnya gunungapi.

2. Runtuhnya Dinding Dapur Magma

Jadi, dapur magma pun memiliki dinding. Ketika dinding tesebut runtuh dan jatuh ke dalam magma-magma yang sedang berproses, maka secara otomatis dinding tersebut akan meleleh. Mengapa dinding magma dapat meleleh? bayangkan saja suhu magma itu bisa mencapai 1000oC dan ketika benda apapun bercampur dengan magma, maka ia akan ikut meleleh. Hal inilah yang membuat volume magma menjadi meningkat dan membuatnya keluar ke permukaan sampai terjadilah suatu letusan gunungapi. (HF)

Sumber: Vulkanologi ITB

Dipost Oleh Husni Falah

Sebagai Pria Millenial, passion nya di bidang Geografi dimaksimalkan dengan mengenyam pendidikan Sarjana di Geografi UNJ dan lulus pada tahun 2018. Semasa kuliah hingga sekarang, lelaki yang akrab dipanggil Husni ini sering dipercaya sebagai konsultan pemetaan dan penulis di berbagai media online, aplikasi pendidikan dan juga transportasi online.