Kesiapsiagaan Saat Terjadi Bencana Gunung Api

Kesiapsiagaan Saat Terjadi Bencana Gunung Api

Pengertian Bencana Gunung Api Penyebab Karakteristik Peringatan Dini Kesiapsiagaan Pra Bencana Kesiapsiagaan Saat Bencana Kesiapsiagaan Pasca Bencana

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan ketika kamu sedang berada di situasi saat terjadinya gunung meletus.

1. Ikutilah petunjuk petugas yang berwenang. Tahap ini menganjurkan kamu untuk mengikuti seluruh arahan dari petugas yang berwenang.

2. Tidak berada di lokasi yang direkomendasikan untuk dikosongkan. Pada situasi ini, kamu harus benar-benar memastikan apakah sedang berada di wilayah aman atau malah berada di wilayah zona bahaya. Jika berada di zona yang salah, segeralah bergegas untuk meninggalkan wilayah tersebut.

3. Tidak dianjurkan berada di lembah dan di daerah aliran sungai. Hal ini dilakukan karena lembah dan area sekitar daerah aliran sungai menjadi jalur lahar dingin bergerak.

4. Hindari tempat terbuka. Pada fase ini bertujuan untuk mengurangi dampak terpapar abu vulkanik ataupun awan panas secara langsung.

5. Gunakan kacamata pelindung. Kacamata ini digunakan bukan untuk bergaya semata yaa, tapi untuk melindungi mata kamu dari abu vulkanik yang pekat.

6. Gunakan masker dan kain basah untuk menutup mulut dan hidung. Hal ini dilakukan untuk melindungi pernafasan kamu.

7. Pakailah pakaian tertutup yang melindungi tubuh seperti baju lengan panjang, celana panjang dan topi. (HF)

Sumber: BNPB & BBC

Dipost Oleh Husni Falah

Sebagai Pria Millenial, passion nya di bidang Geografi dimaksimalkan dengan mengenyam pendidikan Sarjana di Geografi UNJ dan lulus pada tahun 2018. Semasa kuliah hingga sekarang, lelaki yang akrab dipanggil Husni ini sering dipercaya sebagai konsultan pemetaan dan penulis di berbagai media online, aplikasi pendidikan dan juga transportasi online.