Kesiapsiagaan Pra Bencana Gunung Api

Kesiapsiagaan Pra Bencana Gunung Api

Pengertian Bencana Gunung Api Penyebab Karakteristik Peringatan Dini Kesiapsiagaan Pra Bencana Kesiapsiagaan Saat Bencana Kesiapsiagaan Pasca Bencana

Hal yang Harus dilakukan Sebelum Terjadinya Gunung Meletus

Jika kamu tinggal di daerah gunungapi, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dan perhatikan sebelum gunungapi tersebut meletus. Hal ini untuk mengurangi risiko yang terjadi bagi kamu, keluarga, mapun orang di sekitarmu.  Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Ikuti perkembangan aktivitas gunungapi. Cara ini dapat kamu lihat dari perkembangan di media elektronik, mengikuti arahan dari lembaga terkait ataupun dapat mengunduh aplikasi Magma Indonesia dari ponsel pintarmu. Dengan aplikasi ini, kamu dapat memantau perkembangan aktivitas gunung api di daerahmu.
  • Yang terpenting adalah menyiapkan masker dan kacamata pelindung untuk mengatasi abu vulkanik. Peralatan ini wajib dimiliki, khususnya jika rumah kamu berada di sekitaran gunungapi aktif.
  • Mengetahui jalur evakuasi yang telah disiapkan oleh pihak berwenang. Pada tahap ini biasanya sering terlihat papan penanda jalur evakuasi dan jangan lupa perhatikan jarak rumahmu dengan jarak jalur evakuasinya agar kamu bisa memperkirakan waktu tempuh jika suatu saat gunungapi di daerahmu meletus.
  • Siapkan dukungan logistik, antara lain makanan siap saji, lampu senter dan baterai cadangan serta uang tunai yang cukup.
  • Siapkan pakaian tertutup seperti baju dan celana panjang agar kulit kamu tidak terpapar langsung dengan abu vulkanik.

Nah, kurang lebih seperti itu lah hal-hal yang harus kamu ketahui dan persiapkan sebelum gunungapi tersebut meletus. Jika semua telah kamu lakukan, pasti aka berguna dan membantu saat gunungapi di daerahmu mulai aktif atau bahkan meletus. (HF)

Sumber: Buku Saku Menghadapi Bencana BNPB, 2017 dan theconversation.com

Dipost Oleh Husni Falah

Sebagai Pria Millenial, passion nya di bidang Geografi dimaksimalkan dengan mengenyam pendidikan Sarjana di Geografi UNJ dan lulus pada tahun 2018. Semasa kuliah hingga sekarang, lelaki yang akrab dipanggil Husni ini sering dipercaya sebagai konsultan pemetaan dan penulis di berbagai media online, aplikasi pendidikan dan juga transportasi online.