Kesiapsiagaan Pra Bencana Gempabumi

Kesiapsiagaan Pra Bencana Gempabumi

Pengertian Bencana Gempabumi Penyebab Karakteristik Peringatan Dini Kesiapsiagaan Pra Bencana Kesiapsiagaan Saat Bencana Kesiapsiagaan Pasca Bencana

Untuk mencegah atau mengurangi risiko gempabumi yang terjadi, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar terhindar dari bahaya dan dampak-dampak yang dirugikan, simak deh!

  • Rencana Evakuasi Diri

Kamu perlu menyiapkan rencana untuk penyelamatan diri apabila gempabumi terjadi. Buatlah peta evakuasi bersama seluruh anggota keluarga dan tentukan titik kumpulnya. bila berada dalam rumah.

  • Latihan Evakuasi Gempabumi

Melakukan latihan yang dapat bermanfaat dalam menghadapi reruntuhan saat gempabumi, seperti merunduk, perlindungan terhadap kepala dan leher, bersembunyi dibawah meja dan berpeganggan.  

  • Menyiapkan Tas Siaga

Segerlah siapkan tas siaga bencana, seperti obat-obatan, pakaian, makanan, air mineral, senter, peluit dan yang lainnya. Membuat persiapan untuk hidup mandiri selama sekurangnya tiga hari. Simak di sini untuk lebih lanjutnya!

  • Membangun Konstruksi Rumah

Membangun konstruksi rumah yang tahan terhadap guncangan gempabumi dengan fondasi yang kuat. Selain itu, kamu bisa merenovasi bagian bangunan yang sudah rentan.

  • Perhatikan Daerah Rawan

Memperhatikan daerah rawan gempabumi dan aturan seputar penggunaan lahan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Sudahkah kalian melakukan semua itu? Beberapa aksi kesiapsiagaan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko yang terjadi saat gempabumi. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui apa yang harus dilakukan saat gempabumi. (MA)

Sumber : Buku Saku BNPB

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!