Kesiapsiagaan Paska Bencana Gunung Api

Kesiapsiagaan Paska Bencana Gunung Api

Pengertian Bencana Gunung Api Penyebab Karakteristik Peringatan Dini Kesiapsiagaan Pra Bencana Kesiapsiagaan Saat Bencana Kesiapsiagaan Pasca Bencana

Berikut hal yang harus diperhatikan setelah terjadinya bencana, simak!

1. Kurangi Terpapar dari Abu Vulkanik
Meskipun aktivitas gunungapi sudah berhenti, bukan berarti semuanya telah aman, kamu masih tetap harus waspada dengan menjauhi paparan abu vulkanik.

2. Hindari Mengendarai Mobil Di Daerah yang Terkena Hujan Abu Vulkanik
Jika kamu ingin segera manjauhi lokasi terdampak menggunakan kendaraan, sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu karena justru abu vukkanik sangatlah berbahaya untuk mesin kendaraan kamu.

3. Bersihkan Atap Dari Timbunan Debu Vulkanik
Timbunan debu vulkanik yang turun, lama kelamaan akan semakin menumpuk dan justru membahayakan konstruksi rumah kamu. Oleh karena itu, bersihkanlah segera sisa-sisa abu yang berada di atap rumah kamu.

4. Waspadailah Wilayah Aliran Sungai yang Dapat Berpotensi Terlanda Bahaya Lahar Dingin
Jika kamu berada di wilayah tersebut, maka hal ini akan berbahaya. Karena lahar dingin membawa banyak material seperti lumpur, batang kayu dan lahar itu sendiri.

Itulah cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko dan memperbesar tingkat keselamatan kamu. Yang harus diingat adalah bencana tidak dapat diprediksi secara detail kapan akan terjadi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk bisa mengenal jenis bahaya dan melakukan persiapan jauh sebelum bencana tersebut terjadi. Salam Siaga! (HF)

Sumber: Nasional Kompas, BBC.com , Buku Saku BNPB

Dipost Oleh Husni Falah

Sebagai Pria Millenial, passion nya di bidang Geografi dimaksimalkan dengan mengenyam pendidikan Sarjana di Geografi UNJ dan lulus pada tahun 2018. Semasa kuliah hingga sekarang, lelaki yang akrab dipanggil Husni ini sering dipercaya sebagai konsultan pemetaan dan penulis di berbagai media online, aplikasi pendidikan dan juga transportasi online.