Kesiapsiagaan Pasca Bencana Gempabumi

Kesiapsiagaan Pasca Bencana Gempabumi

Pengertian Bencana Gempabumi Penyebab Karakteristik Peringatan Dini Kesiapsiagaan Pra Bencana Kesiapsiagaan Saat Bencana Kesiapsiagaan Pasca Bencana

Setelah gempabumi berhenti dan keadaan terasa aman, lakukanlah langkah-langkah berikut ini untuk menghadapi setelah terjadinya gempabumi, ya!

  • Apabila mendengar peringatan tsunami, segera lakukan evakuasi menuju tempat tinggi, seperti bukit dan bangunan tinggi. Bahkan sebelum terjadi peringatan tsunami, ada baiknya kamu langsung pergi ketempat yang tinggi.
  • Tetap waspada terhadap gempabumi susulan.
  • Ketika berada di dalam bangunan, segera evakuasi diri setelah gempabumi berhenti. Perhatikan reruntuhan maupun benda-benda yang membahayakan pada saat evakuasi.
  • Jika berada di dalam rumah, tetap berada di bawah meja yang kuat
  • Periksa keberadaan api dan potensi terjadinya bencana kebakaran.
  • Berdirilah di tempat terbuka jauh dari gedung dan instalasi listrik dan air. Apabila di luar bangunan dengan tebing di sekeliling, hindari daerah yang rawan longsor.
  • Jika di dalam mobil, berhentilah tetapi tetap berada di dalam mobil. Hindari berhenti di bawah atau di atas jembatan atau rambu-rambu lalu lintas.

Bila tempat dan jalur evakuais sudah ditentukan, ikuti petunjuk dari petugas yang ada. Serta utamakan, orang berusia lanjut, anak-anak perempuan, penderita penyakit serius dan ibu hamil dalam proses evakuasi. Tetap jaga keselamatan dimanapun kamu berada Disasterizen! (MA)

Sumber : Buku Saku BNPB & Buku Gempabumi MPBI

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!