a.kodijat@unesco.org +62816971196

Ardito M. Kodijat memulai karirnya di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sejak tahun 1987, dimana selama 5 tahun menjadi Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan BPPT. Pada tahun 1998 dia melanjutkan karirnya sebagai Asisten Deputi Menteri Bidang Kerjasama Riset dan Teknologi International di Kementerian Reset dan Teknologi.

Pada tahun 2006 dia bergabung dengan UNESCO Office Jakarta. Saat ini ia bertugas sebagai professional officer for Disaster Risk Reduction and Tsunami Information unit (DRRTIU). Dalam hal pengurangan risiko bencana, ia tengah aktif mengadvokasikan program Pemuda dan Profesional Muda dalam Sains, Teknik, Teknologi, dan Inovasi untuk Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Manajemen Pengurangan Risiko Berbasis Masyarakat (CBDRM), Pendidikan PRB khususnya Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Sekolah melalui adaptasi metodologi VISUS (Visual Inspection for defining Safety Upgrading Strategies), dan International Disaster Resilience Architecture di bawah earth science and Geo-hazard UNESCO.

Ardito juga memimpin the Indian Ocean Tsunami Information Centre (IOTIC) of the International Oceanographic Commission of UNESCO (IOC-UNESCO). Bekerja sama dengan BMKG ia melaksanakan program program membangun kesiapsiagaan tsunami sebagai bagian dari rantai peringatan dini tsunami di negara-negara Samudra Hindia. Dia aktif terlibat sebagai pelatih / fasilitator untuk SOP Peringatan Dini Tsunami dan Tanggap Darurat Tsunami; Kebijakan Pengurangan Risiko Tsunami; Latihan Tsunami; Indian Ocean Tsunami Ready; dan penguatan kapasitas pembuatan Peta, Rencana, dan Prosedur Evakuasi Tsunami.

Top