Lava Bantal : Bukti Nyata Pulau Jawa Berupa Gunung Api Bawah Laut

Berada di bawah jembatan Kali Opak sebelah timur Dusun Sumber Kidul, Yogyakarta, terdapat batuan beku hasil pembekuan magma dengan struktur bantal. Batuan beku tersebut adalah magma berupa lava yang membeku akibat adanya pendinginan karena adanya perubahan suhu drastis pada lingkungan air, sehingga membentuk stuktur bantal. Kini, batuan beku tersebut dinamakan Lava Bantal Berbah dan menjadi sebuah objek wisata di Yogyakarta.

Baca juga : 9 BULAN GUNUNG MELETUS, APA BISA

Lava Bantal Berbah

Lava Bantal Berbah ternyata dulunya adalah sebuah gunung api bawah laut, terbentuk karena lahar panas keluar dari gunung api, lalu masuk ke air laut dalam yang dingin. Umur Lava Bantal sendiri sekitar 56 juta tahun yang lalu. Hal inilah yang menjadi bukti bahwa pada daerah tersebut dulunya merupakan sebuah lingkungan gunung api bawah laut dan saat ini sudah berada di daratan atau menjadi bagian dari Pulau Jawa.

Lava Bantal disebut-sebut memiliki kontribusi besar terhadap terbentuknya Pulau Jawa. Proses pertemuan tersebut membuat lahar mengalami proses pembekuan. Fenomena ini cukup jarang ditemukan. Di Pulau Jawa fenomena alam seperti ini hanya ada di Karangsambung (Kebumen), Ciletuh (Jawa Barat), dan Yogyakarta.

Lalu, kira-kira berapa kedalaman Lava Bantal Barbah terbentuk?

Berdasarkan tulisan yang dilansir dari Kumparan.com, berdasarkan dari pengamatan gunung api tengah Samudra Atlantik, pembentukan aliran lava basal bersturktur bantal terjadi pada kedalaman 2600 – 2700 meter di bawah pemukaan laut.

Baca juga : MENILIK GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

Seperti apa lingkungan tektonik Lava Bantal Berbah?

Secara kondisi, tektonik Lava Bantal di daerah Berbah ini diyakini bukan batuan lantai Samudra, yang berasal dari dasar Samudra Hindia. Tetapi, merupakan penunjaman kerak Samudra Hindia di bawah kerak Benua Eurasia, yang sekarang menjadi Pulau Jawa. Karena bukan berasal dari gunung api tengah Samudra Hindia (Mid Oceanic Ridge Basalts/MORB) dan tidak ada struktur sesar besar yang menggeser batuan itu dari tempat semula, maka diperkirakan Lava Bantal Berbah terletak tidak jauh dari sumbernya. (MA)

Sumber : Kumparan.com