belajar lewat game

Kuy Belajar Kesiapsiagaan Bencana Lewat Game!

Pengurangan risiko bencana sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia tentunya. Dalam pengurangan risiko terjadinya bencana ini bisa di dalam berbagai aspek, misalnya saja dalam pembuatan bangunan yang kokoh, persiapan kebutuhan seperti tas siaga, atau membuat jalur evakuasi mandiri, banyak deh Disasterizen.

Selain itu, cara dalam penyampaian edukasi tentang kesiapsiagaan kepada masyarakat bisa menggunakan media permainan. Memang, permainan pada umumnya digunakan sebagai sarana untuk hiburan. Tapi saat ini, permainan bisa juga dijadikan bahan untuk pembelajaran. Pembelajaran menggunakan permainan justru membuat proses belajar menjadi menyenangkan.

Nah, berikut ini ada beberapa media permainan yang dapat digunakan dalam pendidikan kesiapsiagaan bencana, simak!

  • Permainan Tradisional

Indonesia memang terlahir sebagai banyak berbagai budaya dan tradisi. Hal ini bisa digunakan dalam pengajaran tentang kesiapsiagaan melalui permainan tradisional ini. Selain menyenangkan, dengan memainkan permainan tradisional ini kita bisa turut serta dalam melestarikan budaya kita.

Kamu bisa mempraktikkannya dengan permainan tradisional dari wilayah Sukabumi, yaitu oray-oray, cing ciripit, atau pacici putri. Bagi yang kalah akan mendapatkan tantangan untuk menirukan salah satu gerakan penyelamatan diri saat terjadi bencana. Menarik bukan?

  • Permainan Digital

Memang teknologi semakin berkembang, begitupun juga dengan permainan. Apalagi  permainan digital saat ini sangat populer. Ini bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk belajar kesiapsiagaan. Bahkan sekarang sudah banyak permainan yang bisa diunduh di Playstore atau App Store dan tentunya banyak yang gratis.

Baca juga : 5 GAME EDUKASI BENCANA ALAM UNTUK ANAK

  • Media Papan Permainan

Media edukasi yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak. Permainan ini bisa menjadri saran dan pelatihan kepada anak dalam membantu memahami cara berlindung diri dalam bencana. Ada tiga aspek yang mengcangkup di dalam permainan ini, yaitu aspek visual (gambar), audio (berdiskusi atau tanya jawab), afektif (sikap). Salah satu contoh dari permainan ini adalah SIBEN (Siaga Bencana). Permainan ini dilakukan oleh mahasiswa dari Universitas Surya.  (MA)

Sumber : greeners.co