KARAKTERISTIK BANJIR

Hai Disasterizen! Banjir mempunyai jenis yang berbeda-beda, oleh karena itulah juga mempunyai karakteristik yang berbeda pula. Yuk simak karakteristik dari banjir ini!

Datang dengan tiba-tiba

Banjir terjadi karena air yang berada di suatu wilayah sudah mengalami kejenuhan, sehingga datangnya banjir ini dengan tiba- tiba, dan biasanya datangnya air yang tiba- tiba ini langsung bersifat besar, dan tidak perlahan- lahan seperti banjir yang terjadi karena luapan air sungai atau semacamnya.

Hujan Lebat

Ciri- ciri selanjutnya yang dimiliki oleh banjir adalah terjadi karena hujan lebat yang bersifat terus- menerus atau tidak kunjung berhenti.

Durasi terjadinya banjir relatif singkat

Banjir terjadi dalam durasi yang cukup singkat. Namun genangan air yang diakibatkan oleh banjir ini relatif tidak banyak. Hanya sedikit genangan yang menempati daerah yang lebih rendah. Dan ini terjadi ketika banjir surut.

Viskositas aliran yang tinggi

Banjir bandang juga merupakan tipe banjir yang mempunyai viskositas tinggi.

Membawa beberapa material lainnya

Ciri khas yang menonjol dari banjir adalah memuat banyak sekali material-material yang bisa dibawa oleh air banjir tersebut. Beberapa material yang dapat dibawa oleh air dari banjir bandang antara lain lumpur, kerikil, batu, hingga pepohonan.

Lalu, Karakteristik Seperti Apa Sih untuk Banjir Rob?

  • Terjadi pada saat air laut sedag pasang
  • Warna air tidak terlalu keruh
  • Tidak melulu terjadi pada saat musim penghujan tiba
  • Biasanya terjadi pada daerah yang mempunyai wilayah dataran lebih rendah daripada wilayah lautan.

Sumber : Ilmugerografi.com