IDEAKSI : Ide Inovasi Aksi Inklusi Inovasi untuk Semua

Yakkum Emergency Unit menggelar kompetisi bernama IDEAKSI. Kompetisi ini berlangsung hingga 24 April 2021 dengan total pendanaan hingga 1 miliar rupiah dan berfokus di Yogyakarta. IDEAKSI adalah kompetisi inovasi penanggulangan bencana yang berfokus pada kelompok rentan.

Baca juga : SERUNYA BELAJAR KESIAPSIAGAAN BERSAMA DISABILITAS INTELEKTUAL

Tujuan dari IDEAKSI, yaitu memberikan dukungan kepada inovator lokal dalam menghasilkan inovasi yang berkelanjutan, berdampak, dan dapat direplikasi. Selain itu, melibatkan secara aktif difabel, lanjut usia, dan kelompok rentan dalam proses pencarian, penemuan, dan pengembangan ide inovasi.

Rabu (31/3/21), selain kompetisi, Yakkum Emergency Unit (YEU) telah mengadakan webinar sosialisasi IDEAKSi via Zoom, yang mana membahas apa itu inovasi inklusi dan mengetahui tentang ancaman apa saja yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Webinar pembukaan IDEAKSI, Dokumentasi : Siagabencana.com

Amie (YEU) mengatakan, bahwa arti dari inovasi kemanusiaan adalah proses pemecahan masalah secara kreatif yang berusaha menghasilkan cara-cara operasi yang baru dan lebih baik (mempertanyakan praktik, norma, kebijakan, dan alasan yang ada) dan untuk berkontribusi pada perubahan positif yang bertahan lama dalam cara pemberian bantuan serta bagaimana masyarakat dapat menjadi lebih tangguh.

Kenapa Memilih Yogyakarta?

Kompetisi IDEAKSI yang diselenggrakan oleh Yakkum Emergency Unit ini berfokus di Yogyakarta, karena Yogyakarta sering disebut sebagai tempat belajar penanggulangan bencana dan terdapat 12 jenis ancaman bencana.

Tidak hanya itu, sebanyak 301 desa dari total 438 desa (68%) di Yogyakarta terletak di wilayah rawan bencana. Dari 5.297 unit sekolah di Yogyakarta, terdapat 2.906 unit sekolah yang terletak di wilayah rawan bencana. Selain itu, saat ini ada sekitar 45.000 orang lanjut usia atau sekitar 13% dari total populasi penduduk dan 40.050 orang penyandang disabilitas. Provinsi dengan jumlah lansia tertinggi di Indonesia.

Ide Inovasi Apa yang Bisa diajukan?

Inovasi apapun yang diajukan berfokus pada tanggap bencana dan kesiapsiagaan. 

Apa Saja Syarat dan Ketentuaannya?

  • Peserta merupakan kelompok masyarakat, organisasi lokal dengan pendapatan kurang dari Rp 1 Miliar/tahun.
  • Peserta bertempat tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Berkomitmen mengikuti workshop inovasi jika terpilih.

Cara Pendaftaran

Jadi, tertarik untuk mengikutinya? Buruan ikutan dan dapatkan pendanaan hingga 1 miliar rupiah! (MA)