Gerakan KATANA dan InaRisk Dalam Pengurangan Risiko Bencana

Hingga detik ini, sebagian masyarakat dunia masih terus dihantui oleh COVID-19. Bahkan untuk Indonesia sendiri, kurva pasien yang terinfeksi COVID-19 masih terus melambung tinggi. Maka dari itu, untuk memperlambat penyebaran COVID-19 perlu taat melakukan 3 M (memakai masker, menjaga jarak & menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun). Hal ini bisa dimulai dari komunitas terkecil, yakni keluarga.

Selain taat melakukan 3M, peran keluarga juga bisa mengurangi risiko bencana lainnya, yaitu dengan membuat keluarga tangguh bencana (KATANA). Gerakan KATANA ini bertujuan agar setiap keluarga Indonesia berpengetahuan, sadar, hingga terbiasa untuk mengenali risiko bencana, mengurangi kejadian bencana, mengurangi korban dan kerugian di keluarganya sendiri, serta menularkan ketangguhan tersebut ke keluarga lainnya.

Rasanya tidak lengkap jika hanya membentuk KATANA tanpa ada aplikasi yang mendukung untuk upaya pengurangan risiko bencana. Oleh sebab itu, setiap individu juga harus memiliki aplikasi InaRisk.

InaRisk adalah portal kajian risiko bencana yang menampilkan informasi ancaman bencana, kerentanan, kapasitas, dan risiko bencana. InaRisk diperlukan untuk mengetahui tingkat risiko bencana di wilayah kita dan apa langkah yang dapat dilakukan agar mengurangi risiko bencana.

Ridwan Yunus, BNPB di webinar bertajuk ‘Menuju KATANA dengan 3M’ yang diselenggarakan oleh Kerlip pada Rabu (28/10), memaparkan bahwa InaRisk mempunyai segudang manfaat, yakni

Manfaat InaRisk Bagi Pemerintah

  • Membantu diseminasi hasil kajian risiko bencana daerah.
  • Membantu pemerintah dalam menyusun strategi, kebijakan, dan kegiatan dalam mengurangi risiko bencana.
  • Membantu pemerintah dalam pemantauan terhadap capaian penurunan indeks risiko bencana di Indonesia.
  • Menyediakan data spasial untuk kepentingan analisis lainnya.

Manfaat Inarisk Bagi Masyarakat

  • Sarana edukasi masyarakat untuk memahami potensi ancaman dan risiko bencana di tempat mereka.
  • Sarana edukasi mitigasi kepada masyarakat, sehingga meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.
  • Sarana berbagi data spasial melalui GIS services, sehingga pengguna dapat melakukan berbagai analisis lanjutan.

Begitu banyak manfaat yang didapat jika kita membuat KATANA, menerapkan 3M, dan mempunyai aplikasi InaRisk dalam ponsel kesayanganmu. Bukan hanya menolong diri sendiri, tapi juga menolong orang lain. Kamu bisa mengunduh aplikasi InaRisk di Google Play secara gratis! Yuk buruan unduh! (MA)