Ekspedisi Cincin Api Eps. Gunung Toba

Kalau kemarin kita sudah membahas dan menonton bersama ekspedisi dari Gunung Tambora dan Merapi. Kali ini kita akan nonton bersama ekspedisi yang tidak kalah seru dengan kedua gunung sebelumnya, yaitu ekspedisi Gunung Toba!

Coba deh tengok Danau Toba, Disasterizen! Danau Toba yang kita kenal saat ini adalah hasil dari letusan Gunung Toba pada sekitar 74.000 tahun yang lalu. Letusan Gunung Toba juga disebut sebagai supervolcano, karena letusannya mencapai Volcanic Explocity Index (VEI) 8. Letusan ini juga menyerupai level letusan Gunung Yellowstone di Amerika Serikat, yang terjadi di era prasejarah.

Endapan-endapan vulkanik berupa tuf di sekitar Danau Toba menunjukkan bahwa Gunung Toba ternyata telah meletus beberapa kali. Ternyata Gunung Toba ini pertama kali meletus itu pada 1.2 juta tahun yang lalu, Sobat Disasterizen.

Kemudian, kembali meletus pada 840.000 tahun yang lalu, dan 501.000 tahun silam. 427.000 kemudian, yaitu 74.000 tahun yang lalu kembali meletus dan mengegerkan dunia. Diperkirakan letusan dari Gunung Toba ini terjadi setiap 340.000-430.000 tahun sekali. Wow lama banget ya! Letusan ini juga memicu gelombang tsunami.

Ah, kalau diceritakan tidak seru Disasterizen! Langsung aja yuk kita tonton bareng-bareng! (MA)