Bukan PSBB, Bersama Jogo Tonggo Melawan Virus Corona

Beberapa daerah di Indonesia sudah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), salah satunya adalah DKI Jakarta. Namun ada yang berbeda dengan provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubenur Jawa Tengah memilih “Jogo Tonggo” untuk menahan laju penularan virus corona (Covid-19). Apa sih sebenarnya Jojo Tonggo itu?

Satgas Jogo Tonggo adalah Satuan Tugas Menjaga Tetangga untuk memastikan bahwa warga secara bergotong-royong melawan penyebaran dan penularan virus corona di wilayahnya, sekaligus memastikan dukungan dari luar wilayah untuk melawan virus corona dengan tepat sasaran.

Satgas Jogo Tonggo merupakan gabungan dari organisasi kelompok sosial seperti Karang taruna, Dasa Wisma, Posyandu, dan warga di tingkat RW serta lembaga dan organisasi di luar wilayah RW yang terkait melawan virus corona. Nantinya, Satgas Jogo Tonggo ini akan memberikan laporan secara rutin setiap harinya ke Desa atau Kelurahan.

Tugas pokok Satgas Jogo Tonggo terbagi kedalam empat bidang, yaitu:

  • Kesehatan

Satgas Jogo Tonggo di bidang Kesehatan selalu mendata setiap orang yang keluar masuk desa, mencegah penyebaran dan penularan virus corona dengan membawa orang yang teridentifikasi PDP ke Rumah Sakit Rujukan, update data status orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pantauan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP). Tidak hanya itu, Satgas Jogo Tonggo juga memastikan lokasi strategis tersedia cuci tangan, penyemprotan disinfektan, warga memakai masker, jaga jarak fisik antar warga 1,5-2 meter, memberikan pelayanan kesehatan, dan berkoordinasi dengan petugas kesehatan desa untuk pemeriksaan lanjut jika ada kondisi darurat.

  • Ekonomi

Sedangkan, Satgas Jogo tonggo di bidang ekonomi selalu mendata kebutuhan dasar dan ketersediaan pangan seluruh warga, memastikan kegiatan bertani, berkebun, dan berdagang tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu, juga melayani kebutuhan makan sehari-hari bagi warga yang dikarantina mandiri, dan mendorong terbangunnya lumbung pangan.

  • Sosial dan Keamanan

Untuk Satgas Jogo Tonggo di bidang sosial dan keamanan, memiliki tugas bekerja sama dengan tim kesehatan melakukan pencatatan orang masuk dan keluar di lingkungan RW, membuat jadwal giliran ronda, menghindarkan kerumunan, menyiapkan data pilah penerima bantuan agar seluruh bantuan tepat sasaran, memastikan kelompok lansia, difabel, ibu hamil, serta anak-anak mendapatkan perlindungan. Lalu, memastikan kesepakatan warga terkait dengan jam berkunjung atau bertamu.

  • Hiburan

Last but not least nih Sob! Satgas Jogo Tonggo di bidang hiburan memilki tanggung jawab untuk mengurangi kejenuhan. Jadi, warga dapat melaksanakan hiburan mandiri sesuai dengan kearifan lokal masing-masing.

Semoga dengan diberlakukannya Jogo Tonggo ini, masyarakat bisa lebih terlindungi dan juga bisa menurunkan laju penyebaran virus corona. Yuk, bergotong-royong melawan virus corona(MA) 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *