ItTakesAVillage : Melangkah Bersama Melindungi Dunia

ItTakesAVillage : Melangkah Bersama Melindungi Dunia

Ilustrasi : Pikiran Rakyat

19 Agustus adalah hari dimana saat pengeboman di Markas Besar PBB di Baghdad pada tahun 2003 yang menewaskan 22 pekerja kemanusiaan. Untuk berkontribusi pada peningkatan kesadaran publik tentang kegiatan bantuan kemanusiaan di seluruh dunia dan pentingnya kerja sama internasional, serta untuk menghormati pekerja kemanusiaan PBB dan personel terkait yang telah bekerja dalam mempromosikan urusan kemanusiaan dan mereka yang telah kehilangan nyawa karena menjalankan tugasnya, maka Majelis Umum PBB menetapkan 19 Agustus sebagai Hari Kemanusiaan Sedunia (World Humanitarian Day/WHD) pada tahun 2008.

Hari Kemanusiaan sedunia setiap tahunnya memiliki tema tertentu. Di tahun 2022, Hari Kemanusiaan Sedunia akan menyoroti situasi saat ini, yaitu ketika megakrisis berlanjut, setiap hari para pekerja kemanusiaan melangkah untuk merespons dengan menyediakan makanan dan uang tunai, kesehatan dan air bersih, layanan perlindungan dan pendidikan darurat kepada jutaan pria, wanita, dan anak-anak karena seperti kata pepatah, #ItTakesAVillage: Sendirian, pencapaian kita terbatas tapi bersama kita memiliki kekuatan yang luar biasa, yang mana menjadi tema untuk peringatan di tahun ini.

Kementerian Sosial dan Kemenko PMK bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya pemerintah, swasta, LSM, organisasi lintas agama, badan-badan PBB akan melakukan serangkaian kegiatan pada Agustus 2020 dengan acara bersama pada 19 Agustus 2022. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperingati Hari Kemanusiaan Sedunia dan menyoroti upaya masyarakat lokal, pemuda, dan pekerja kemanusiaan serta relawan untuk kegiatan atau aksi terkait iklim dalam solidaritas untuk mereka yang paling rentan. Tidak lupa untuk membangun semangat gotong royong dalam urusan kemanusiaan.

Cara Memperingati Hari Kemanusiaan Sedunia Bersama Anak dan Keluarga

Ada beberapa cara menarik, praktis dilakukan, dan belajar bersama tentang Hari Kemanusiaan Sedunia kepada anak, yakni…

  1. Memperkenalkan dan mengajak anak mengapresiasi local heroes.
  2. Belajar mengolah sampah dengan metode 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) bersama anak di rumah.
  3. Mengajak anak menanam bibit pohon di halaman rumah. 
  4. Bersama anak membantu orang-orang terdampak pandemi dengan hal-hal sederhana
  5. Mengunggah ucapan selama Hari Kemanusiaan Sedunia di media sosial. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar