Pentingnya Informasi Cuaca dan Iklim

Pentingnya Informasi Cuaca dan Iklim

dailysocial.id

Disasterizen sudah mengetahui kan perbedaan dari cuaca dan iklim? Ternyata informasi cuaca dan iklim sangat berpengaruh lho untuk kehidupan kita. Seperti apa saja sih manfaat yang diberikan pada data dan informasi cuaca iklim dalam kehidupan kita? Mari simak!

  • Penerbangan

Flickr.com

Informasi yang akurat tentang keadaan cuaca menjadi bagian yang sangat penting bagi dunia penerbangan dan pelayanan di seluruh dunia. Keadaan cuaca yang baik sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk keperluan take off, selama penerbangan dan landing/pendaratan pesawat. Hal ini disebabkan keadaan cuaca akan sangat mempengaruhi arah angin, tekanan udara, jarak pandang, dan suhu di sekitar keberadaan pesawat.

  • Pelayaran

Flickr.com

Informasi cuaca yang sedang berlangsung ataupun prakiraan cuaca diperlukan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menyusun rencana kegiatan operasional. Misalkan saja nih dalam pelayaran, informasi cuaca sangat diperlukan untuk arah mata angin, ketinggian gelombang laut dan keselamatan pelayaran itu sendiri.

Selain itu, dengan informasi iklim dapat dibuat rencana kapan pelayaran dilakukan, rute mana yang akan dilalui, perlengkapan apa saja yang diperlukan dan lain sebagainya.

  • Pertanian

Flickr.com

Nah, kegiatan pertanian juga sangat erat nih kaitannya dengan cuaca dan iklim. Kurangnya ketersediaan air bisa berdampak terjadinya kekeringan dan sebaliknya jika kelebihan air dapat menimbulkan banjir. Untuk di pertanian sendiri, informasi unsure cuaca dan iklim yang penting adalah curah hujan, suhu udara, kelembapan udara dan angin, radiasi matahari.

  • Kelautan dan Perikanan

Flickr.com

Dalam pencarian ikan, nelayan memerlukan informasi cuaca laut untuk mengetahui lokasi yang berpotensi banyak ikan yang diinginkan. Kemudian diperlukan juga informasi mengenai kondisi laut ke arah lokasi penangkapan ikan untuk mempersiapkan peralatan, teknik penangkapan dan berapa lama kondisi cuaca lautnya. Hal ini yang memungkinkan kegiatan penangkapan ikan dapat dilakukan dan informasi cuaca laut setelah kegiatan penangkapan untuk upaya perlindungan hasil-hasil penangkapan. Informasi cuaca juga diperlukan dalam kegiatan eksplorasi laut, misalnya pengeboran minyak dan industri maritim.

  • Kesehatan

Flickr.com

Penyebaran penyakit sangat dipengaruhi oleh faktor cuaca dan iklim. Faktor tersebut diantaranya adalah suhu udara, kelembapan udara, curah hujan, radiasi matahari, arah dan kecepatan angin. Oleh karena itulah informasi cuaca dapat di manfaatkan dalam mengantisipasi hal tersebut. (MA)

Sumber : Modul Perubahan Iklim BMKG

 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar