Fakta Menarik Tanaman Bambu Dapat Menyelamatkan Bumi

Fakta Menarik Tanaman Bambu Dapat Menyelamatkan Bumi

Tanaman bambu. Sumber: Flickr.

Banjir dan longsor sering terjadi di berbagai mancanegara, terutama di Indonesia. Hal ini disebabkan karena akibat tanah yang kurang stabil. Sobat Disasterizen tahu tidak kalau ternyata tanaman bambu bisa sebagai sumber daya yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor, lho!

Menurut (Alm) Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain, Mantan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) mengatakan kalau bambu bisa menjadi sangat efektif untuk mencegah terjadinya longsor dan dapat menyerap air bila dipasang dekat dengan aliran sungai. Ia pun mengatakan bahwa menggunakan tanaman bambu lebih efektif dapat mengurangi risiko banjir dibanding metode pembetonan.

Batang bambu baik dalam menghisap air, dikarenakan sifatnya yang dapat menampung air sampai musim kemarau.  Air yang dihisap mengalir ke bawah tanah dan akan timbul mata air. Bukan hanya itu, akar serabut pada bambu dapat mengikat permukaan tanah sehingga risiko erosi dan longsor bisa berkurang.

Tidak disangka tanaman bambu sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor yang terjadi ya! Semoga tanaman bambu bisa menjadi lebih berguna lagi untuk bumi kita. (MA)

Sumber : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar