Yuk Bersiap Siaga Menghadapi Gempabumi

Yuk Bersiap Siaga Menghadapi Gempabumi

Ilustrasi oleh SiagaBencana.com

Indonesia berada di atas jalur Ring of Fire, yang mana merupakan jalur sebaran gunungapi dan gempabumi. Oleh sebab itulah, Indonesia menjadi daerah yang sering mengalami gempabumi. Gempabumi dapat terjadi kapanpun dan dimanapun kamu berada. Begitu juga dengan gempabumi yang akan selalu datang secara diam-diam tanpa kita ketahui.

 Maka dari itu, penting untuk kita untuk selalu bersiapsiaga dan mengetahui dalam menghadapi gempabumi. Bagaimana sih cara kita mengetahui supaya selalu siaga dalam menghadapi gempabumi? Nah, berikut ini adalah tipsnya. Yuk, simak!

Jangan Panik

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan dalam menghadapi gempabumi adalah jangan pernah panik dalam segala kondisi. Tetaplah berusaha untuk tetap tenang dan berfikir agar terhindar dari reruntuhan bangunan untuk melindungi tubuh kamu. Jangan lupa berdoa, ya!

Menunduk, Berlindung, Bertahan

Apabila kita berada dalam ruangan, seperti rumah, sekolah ataupun gedung bertingkat, menunduklah sambil mencari benda yang kokoh seperti meja untuk berlindung dari barang yang jatuh ataupun reruntuhan bangunan. Bertahanlah sampai gempa mereda.

Mencabut Semua Saluran Listrik

Jika sudah dirasa aman, matikan dan cabut semua saluran listrik untuk mencegah terjadinya konslet yang dapat memicu kebakaran.

Lari Keluar Ruangan

Apabila keadaan dan situasi sudah aman terkendali, lari lah keluar ruangan atau bangunan menuju lapangan terdekat atau titik kumpul. Jangan lupa juga perhatikan benda-benda yang kemungkinan bisa menipma kamu, seperti pohon, tiang listrik dan billboard jalan.

Keluar dari Kendaraan

Jika kamu berada dalam mobil, sebaiknya kamu keluar dan mencari tempat berlindung yang aman, yaitu menjauh dari gedung-gedung yang dapat menimpa kamu.  

Nah inilah tips-tipsnya, apakah kamu melkukan hal yang sama saat terjadi gempabumi? Yuk, ceritakan apa yang pernah kamu alami dan bagaimana kesiapan kamu dalam menghadapinya? (MA)

Sumber : Video BNPB (Ketika Terjadi Gempa/Bencana)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar