sekolah ramah lingkungan

5 Program Sekolah Berbasis Ramah Lingkungan

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh setiap manusia untuk menjaga lingkungan, salah satunya melalui program sekolah ramah lingkungan. Siapa sangka, program sekolah yang satu ini sangat penting untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Program tersebut tidak hanya memberikan edukasi kepada siswa, tapi juga mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. 

Penasaran dengan program-programnya? Scroll down!

  • Program Pengurangan Plastik Sekolah

Program ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai di sekolah. Caranya dengan menganjurkan siswa untuk mengganti botol plastik dengan tumbler, menggunakan alat tulis yang ramah lingkungan, dan mengurangi kantong plastik. Siswa juga diberitahukan dampak negatif yang didapat akibat penggunaan plastik terhadap lingkungan. 

  • Taman Sekolah Organik

Program yang satu ini juga melibatkan siswa dalam pengembangan dan perawatan taman organik di area sekolah. Siswa belajar tentang pertanian berkelanjutan, penggunaan pupuk organik, dan manfaat lingkungan dari pertanian organik. Tidak sampai di situ, hasil panen dapat digunakan untuk konsumsi di kantin sekolah atau didistribusikan kepada masyarakat setempat. 

Baca juga : BRAND LOKAL MENGUSUNG SUSTAINABLE FASHION

  • Pencemaran Tanah dan Air

Tidak sampai di situ, program ini juga mengajarkan siswa tentang penyebab dan dampak pencemaran tanah dan air. Melalui eksperimen dan kegiatan lapangan, siswa mempelajari cara mencegah pencemaran yaitu membuang limbah dengan benar, menjaga kebersihan sungai dan laut, serta mempraktikkan metode pengolahan air sederhana. 

  • Program Daur Ulang

Melalui program daur ulang ini, siswa diajarkan pentingnya daur ulang dan mengelola limbah dengan bijak. Mereka terlibat dalam pengumpulan, pemilahan, dan pengelolahan limbah di sekolah. Siswa juga bisa belajar membuat kerajinan tangan dari barang bekas atau mengubah limbah organik menjadi kompos. 

  • Program Energi Terbarukan 

Kini energi terbarukan banyak diminati oleh masyarakat, sebagai upaya mencegah pemanasan global semakin buruk. Oleh karenanya, program ini akan fokus pada pengenalan energi terbarukan dan pengurangan konsumsi energi di sekolah. Siswa diajarkan tentang energi surya, angin, dan air, serta mengenali sumber energi alternatif lainnya. Selain itu, siswa juga dapat mengembangkan proyek sederhana seperti panel surya atau turbin angin kecil di sekolah.  (MA)

Sumber : Kompasiana