5 Kaldera Terbesar Sepanjang Abad 20

Tahukah kamu? Kaldera berasa dari Bahasa Spanyol yang artinya ‘wajan’. Sedangkan secara istilah, kaldera adalah puncak gunung berbentuk wajan yang terbentuk akibat letusan besar yang terjadi.

Nah, ternyata negara kita yang mana adalah Indonesia mempunyai 5 gunung dengan kaldera terbesar di Indonesia, seperti apa? Check it out!

Baca juga : CATATAN BENCANA VERSI 1900-AN DI SULAWESI TENGAH

  • Kaldera Tengger

Kaldera Tengger adalah berasal dari Gunung Tengger. Kaldera Tengger terletak di Jawa Timur ini menjadi kaldera terluas di Indonesia, yakni dengan total keliling mencapai 46 kilometer. Perlu diketahui juga, kalau kaldera tersebut termasuk ke dalam kategori kaldera purba dan meletus ribuan tahun lalu. Kemudian dari letusan tersebut, terbentuklah kaldera super besar yang di dalamnya mencakup beberapa gunung, seperti Gunung Bromo.

  • Kaldera Tambora

Selain Kaldera Tengger, yang menduduki posisi kedua adalah Kaldera Tambora. Dari namanya juga sudah ketahuan ya kalau kaldera tersebut berada di Nusa Tenggara Barat (NTB)? Kaldera yang berada di NTB ini memiliki keliling mencapai 37 kilometer. Kaldera Tambora berbentuk utuh bulat wajan dan di dalam kaldera juga masih ada aktivitas vulkaniknya.

  • Kaldera Rinjani

Lalu, kaldera selanjutnya adalah dari Gunung Rinjani. Kaldera RInjani memiliki luas 22 kilometer dan di dalamnya juga terdapat cekungan yang berisi air. Cekungan tersebut dinamai dengan Danau Segara Anak.

Tidak jauh dari danau, masih di dalam kaldera, ada gunung api kecil yang bernama Gunung Barujari. Gunung itu merupakan corong vulkanik dari Gunung Rinjani dan beberapa waktu yang lalu di tahun 2018 gunung tersebut juga sempat meletus.

  • Kaldera Batur

Kaldera Batur berada di daerah Pulau Bali. Kaldera ini berbeda dengan yang lainnya dan disebut juga sebagai kaldera dalam kaldera. Gunung Batur yang sekarang sebenarnya adalah gunung anakan dari Gunung Batur Purba. Nah, Kaldera Batur Purba itulah yang ukurannya sangat luas yakni mencapai 22 kilometer dan di dalamnya terdapat cekungan yang terisi air dan membentuk danau, yang disebut Danau Batur.

  • Kaldera Baluran

Last but not least, Kaldera Baluran terletak di Situbondo, Jawa Timur. Jika diukur dengan Google Earth, keliling kaldera mencapai 13 kilometer, terbilang sangat luas. Sebagai tambahan informasi, kaldera ini adalah kaldera mati yang saat ini menjelma menjadi lembah hijau dan dijuluki sebagai ‘Lembah Kacip’.

Nggak nyangka bukan kalau Indonesia memiliki kaldera yang sangat besar dan indah. Nggak kalah jauh dengan negara-negara lainnya. Apa ada kaldera lainnya yang kamu tahu dan lebih besar dari ini? Tulis di kolom komentar! (MA)

Sumber : infopendaki.com