bencana terbesar di indonesia

5 Bencana Terbesar di Indonesia, yang Musnahkan Sebagian Besar Penduduk Bumi

Tidak heran jika bencana seringkali melanda Indonesia. Berdasarkan situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hal ini karena Indonesia berlokasi di pertemuan 3 lempeng tektonik, yakni lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. 

Kondisi tersebut inilah yang menimbulkan potensi terjadinya bencana seperti meletusnya gunung berapi, tsunami, banjir, dan tanah longsor. Beberapa bencana bahkan cukup besar untuk sampai terasa atau disoroti oleh negara-negara lain. Penasaran seperti apa saja bencananya? Keep scrolling!

  • Letusan Gunung Merapi

Dikutip dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, tercatat sejak tahun 1600-an,Gunung Merapi telah meletus lebih dari 80 kali, dengan interval letusan 4 tahun sekali. Erupsi terbesarnya terjadi pada tahun 1930. Awan panas menuruni lereng 20 kilometer ke arah barat, memporak-porandakan 23 desa dan menewaskan 1.369 penduduk. 

  • Tsunami Flores

Pada 12 Desember 1992, gempa berkekuatan 6,8 SR mengguncang Laut Flores. Pusat gempanya terletak di kedalaman laut, 35 km arah barat kota Maumere, tepatnya pukul 13.29 WITA. 

Tsunami setinggi 30 meter juga menerjang selama 13 menit, meluluhlantahkan rumah yang hancur karena gempa. Wilayah yang terkena dampak tsunami berada di Kabupaten Sikka, Ende, Ngada, dan Flores Timur. 

Peristiwa tersebut menewaskan lebih dari 3.000 jiwa, 500 orang hilang, 447 orang luka-luka, dan 5.000 warga terpaksa mengungsi. Tercatat pula 18.000 rumah, 113 sekolah, dan 90 tempat ibadah hancur. 

  • Letusan Gunung Krakatau

Gunung Krakatau berada di tengah antara Pulau Jawa dan Sumatera. Berkat letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada tahun 1883, kedua wilayah tersebut yang tadinya menyatu kini menjadi terpisah. Letusan Gunung Krakatau 1883 tersebut dipercaya sebagai letusan eksplosif terbesar yang pernah ada sepanjang catatan sejarah Indonesia. 

  • Letusan Gunung Toba 

Seperti yang sudah kita ketahui bersama kalau Danau Toba adalah hasil dari letusan Gunung Toba yang terjadi pada 74.000 tahun lalu. Letusannya menjadi yang paling dahsyat yang pernah ada di muka bumi. Hanya 5.000 – 10.000 orang saja yang mampu bertahan. Bahkan, perubahan iklim global sempat terjadi. Gunung tersebut memuntahkan 2.800 kilometer kubik abu dan menutup atmosfer bumi hingga 6 tahun lamanya, menurunkan suhu udara. 

  • Gempa dan Tsunami Aceh 

26 Desember 2004 lalu, terjadi gempa di Banda Aceh disusul tsunami besar yang meluluhlantahkan sebagian besar wilayah di Banda Aceh. Dikutip dari Jurnal “Tsunami Aceh 2004 Sebagai Dasar Penataan Ruang Kota Meulaboh”, gempa tektonik berpusat di titik 3.316°N, 95.854°E Samudera Hindia dengan kekuatan M 9,1.

Gempa tersebut bahkan disebut sebagai gempa terbesar ke-5 yang terjadi dalam sejarah. Lalu timbullah gelombang tsunami setinggi 30 meter. Selain itu, ada 15 negara lainnya yang terdampak dalam peristiwa ini, tapi yang mengakibatkan korban jiwa adalah Sri Lanka, India, Bangladesh, Thailand, Maladewa, Malaysia, dan Somalia. 

Itu dia beberapa bencana yang bisa menewaskan sebagian besar penduduk bumi. Dari kejadian tersebut, semoga bisa belajar dan semakin meningkatkan kesiapsiagaan.  (MA)

Sumber : BPBD Bogor